Umat Muslim Didorong Menginisiasi Gerakan Antihoaks

    Candra Yuri Nuralam - 11 Mei 2021 01:32 WIB
    Umat Muslim Didorong Menginisiasi Gerakan Antihoaks
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Umat muslim Indonesia didorong menginisiasi gerakan antihoaks. Ramadan 1442 Hijriah dianggap menjadi momentum melaksanakan hal tersebut.

    "Umat muslim saat ini yang sedang menjalankan ibadah puasa sudah seharusnya saling mengingatkan tidak turut menyebarkan hoaks dan memicu perpecahan," kata akademisi Muhammadiyah Sukidi Mulyadi melalui keterangan tertulis, Senin, 10 Mei 2021.

     



    Dalam diskusi virtual, dia menyebut umat muslim dalam keadaan terbaik saat ramadan. Secara konsisten, mereka beribadah dan memperbaiki diri. Kondisi itu bisa dioptimalkan dengan berperan memberantas hoaks.

    Dia menyinggung pertikaian antargolongan di dunia siber yang disebabkan hoaks. Penyelesaian masalah itu sangat urgen dilakukan. Sebab, pertikaian tersebut melenceng jauh dari cita-cita dan kepribadian bangsa.

    "Hoaks dan permusuhan bukanlah ajaran agama Islam dan juga bukanlah kepribadian seorang muslim,” kata dia.

    Di sisi lain, dia menyinggung hoaks yang mampu merusak toleransi antargolongan. Bahkan, dalam berita bohong itu disisipkan kepentingan politik dan menyebabkan gesekan.

    Menurut dia, hal tersebut menyumbang kontribusi atas memanasnya kondisi antarmasyarakat. Lebih parah lagi, hoaks bisa berujung memecah belah masyarakat dan merugikan bangsa.

    "Kita sebagai bangsa yang berkribadian harus menghilangkan sekat-sekat primodial yang tidak menyatukan rasa nasionalisme bersama," kata dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id