Waspada, Berikut Daftar Kota yang akan Kedatangan Pedemo Hari Ini

    Medcom - 20 Oktober 2020 10:55 WIB
    Waspada, Berikut Daftar Kota yang akan Kedatangan Pedemo Hari Ini
    Halte TransJakarta dibakar massa menolak pengesahan UU Cipta Kerja. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
    Jakarta: Hari ini, 20 Oktober 2020, tepat satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo - Maruf Amin berjalan. Momentum ini dijadikan ajang demonstrasi elemen buruh dan mahasiswa. 

    Selain mengkritisi kebijakan pemerintah selama setahun terakhir, demonstrasi juga akan menyuarakan soal sejumlah penolakan. Fokus demonstrasi yakni mengkritisi pengesahan UU Cipta Kerja

    Berdasarkan pantauan Medcom.id, hari ini demonstrasi akan dilakukan di sejumlah kota berikut ini:

    1. Jakarta

    Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Berdemo di kawasan sekitar Istana Negara, Jakarta. Estimasi massa sebanyak 5 ribu orang

    "Aksi akan dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB dengan estimasi 5.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia," kata Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian, melalui keterangan tertulis, Senin, 19 Oktober 2020.
    Daftar Kota yang Akan Kedatangan Pedemo Hari Ini
    Massa aksi penolak UU Cipta Kerja terlibat bentrok dengan polisi di kawasan Tugu Tani, Jakarta, Selasa (13/10/2020). Foto: Antara/Hafidz Mubarak
     

    2. Surabaya

    Massa dari kalangan buruh dan mahasiswa dijadwalkan akan berdemonstrasi di sekitar Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur.

    Hal ini terkonfirmasi dari pernyataan Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin, 19 Oktober 2020. "Hari ini kita melaksanakan rapat pam (pengamanan demo) di Polrestabes Surabaya."
    Daftar Kota yang Akan Kedatangan Pedemo Hari Ini
    Pengunjuk rasa berlarian ketika polisi menembakkan gas air mata saat demo menolak Undang-undang Cipta Kerja di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/10/2020). Foto: Antara/Zabur Karuru
     

    3. Bandung

    Mengutip Radio PRFM, sejumlah elemen buruh di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang dilaporkan melakukan long march di Jalan Raya Garut-Bandung, tepatnya di sekitar Cileunyi, Bandung. Mereka diperkirakan akan bergerak menuju Kota Bandung.

    "Kami sudah mempersiapkan (pembukaan exit tol) jika antrean sudah melebihi kapasitas. Sesuai diskresi dari Kepolisian Jawa Barat, kami akan membuka pintu tol di KM 148," kata Humas Tol Purbaleunyi Ade Januar.
    Daftar Kota yang Akan Kedatangan Pedemo Hari Ini
    Ratusan buruh dan mahasiswa melakukan aksi blokir jalan nasional Bandung-Garut-Tasikmalaya menuju Gerbang Tol Cileunyi di Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/10/2020). Foto: Antara/Raisan Al Farisi
     

    4. Makassar

    Kota Makassar, Sulawesi Selatan, juga diperkirakan akan kedatangan para pedemo. Kepolisian meminta warga mewaspadai 14 titik rawan kemacetan di Makassar. 

    Demonstrasi diperkirakan akan diikuti 14 organisasi buruh dan mahasiswa. Demonstrasi mahasiswa sebagian besar akan dilakukan di depan kampus masing-masing. Ada juga yang akan bergerak ke Kantor Gubernur Sulsel di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.
    Daftar Kota yang Akan Kedatangan Pedemo Hari Ini
    Polisi menghindar dari lemparan batu pengunjuk rasa saat terjadi bentrok di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/10/2020). Foto: Antara/Abriawan Abhe


    Baca: Pedemo Diminta Mewaspadai Penyusup

    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mempersilakan masyarakat untuk menyuarakan aspirasinya melalui demonstrasi. Dengan catatan, tak berujung pada keributan.

    "Kepada para pengunjuk rasa, silakan berunjuk rasa, tapi hati-hati jangan sampai ada penyusup yang mengajak Anda bikin ribut," kata Mahfud, seperti dilansir Antara, Senin 19 Oktober 2020.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id