Jokowi Bakal Resmikan KRL Yogyakarta-Solo

    Nur Azizah - 01 Maret 2021 10:49 WIB
    Jokowi Bakal Resmikan KRL Yogyakarta-Solo
    Ilustrasi KRL Yogya-Solo. ANT Eka AR.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pengoperasian kereta rel listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo. Operasional ini menjadi KRL pertama di luar kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

    Hadirnya moda transportasi dengan rute tersebut diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi bagi masyarakat setempat. Selain itu, memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga di Yogyakarta, Klaten, dan Solo.






    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan jangkauan KRL Yogyakarta-Solo akan terus ditingkatkan. Salah satunya memperpanjang rute ke arah barat, yaitu hingga Kutoarjo dan ke arah timur, hingga ke Madiun.

    "Masyarakat yang tinggal di Madiun bisa bekerja di Yogyakarta atau sebaliknya. Bisa pulang pergi bekerja dengan mudah dan cepat dalam sehari," kata Budi, di Jakarta, Senin, 1 Maret 2021.

    (Baca: KRL Yogya-Solo Angkut 2.056 Penumpang pada Hari Pertama Operasional)

    KRL Yogyakarta-Solo resmi beroperasi penuh mulai 10 Februari dengan layanan 22 perjalanan pergi pulang setiap hari. KRL ini melintasi 11 stasiun dengan waktu tempuh 68 menit.

    Waktu tempuh ini lebih cepat dibanding waktu tempuh Prameks yang memakan waktu 72 menit. Budi berharap kereta api bisa menjadi andalan masyarakat untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari.

    Dalam kunjungan kerja kali ini, Kepala Negara akan didampingi Budi Karya dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X juga bakal hadir.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id