comscore

Wisatawan Asal Malang yang Hilang di Bromo Ditemukan, Begini Kondisinya

Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 Juni 2022 15:38 WIB
Wisatawan Asal Malang yang Hilang di Bromo Ditemukan, Begini Kondisinya
Proses evakuasi korban hilang di Gunung Bromo. (Istimewa)
Malang: Wisatawan bernama Roni Nur Efendi akhirnya ditemukan setelah dilaporkan hilang selama sekitar dua malam di Kawasan Gunung Bromo. Warga Wendit Timur, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur itu ditemukan sekitar pukul 11.30 WIB, Selasa 21 Juni 2022.

Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Malang, Sarianto, mengatakan, korban ditemukan di bawah tebing di sekitar Blok Mendongan. Lokasi tersebut tidak jauh dari lokasi ditemukannya sepeda motor milik korban.

Kondisi korban

Roni ditemukan dalam kondisi hidup. Namun, kondisi tubuh korban disebutkan lemas lantaran tak makan selama hilang di hutan.
 
"Saat ditemukan korban dalam kondisi selamat. Hanya saja kondisi tubuhnya lemas, karena tidak makan dan minum. Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi korban, karena medan yang curam menyulitkan proses evakuasi," jelasnya.
Saat ini korban tengah dievakuasi dari lokasi ditemukan. Evakuasi sendiri terkendala medan yang sulit.

"Sekarang ini masih menunggu proses evakuasi. Membutuhkan waktu untuk proses evakuasi karena kondisi medan yang berat," katanya.

Sarianto mengaku, proses pencarian korban pada hari ini membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Pencarian korban sempat terkendala cuaca kabut tebal yang menyelimuti sekitar kawasan Gunung Bromo.
 
"Pencarian tadi sempat tertunda. Tim mulai bergerak lagi mencari korban pukul 09.00. Sebab di sekitar lokasi kabut tebal, sehingga harus menunggu kabut hilang terlebih dahulu," terang dia.

Kronologi hilangnya korban

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat menerangkan peristiwa ini berawal saat petugas TNBTS menemukan sebuah sepeda motor tanpa pemilik di blok Pusung Duwur pada Minggu, 19 Juni 2022, sekitar 12.35 WIB. Sepeda motor itu ditemukan setelah petugas melakukan kegiatan clean up di bungkah laut pasir.

Wisatawan Asal Malang yang Hilang di Bromo Ditemukan, Begini Kondisinya
Sepeda motor korban Roni Foto: Dok/Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

"Di lokasi sekitar motor ditemukan HP, sepatu, helm dan jaket hoodie. Oleh petugas setelah 4 jam ditunggu tidak ada pemiliknya, sehingga diamankan ke resort," ujarnya.
 
Hingga sekitar pukul 16.30 WIB, petugas TNBTS dihubungi keluarga dari pemilik sepeda motor tersebut. Kemudian, petugas bersama keluarga pun mencari keberadaan korban hilang.

"Sore hari sekitar pukul 16.30 WIB, kakak korban datang ke kantor resort, kemudian sama-sama dicari kembali sampai dengan pukul 19.15 dengan hasil nihil," ungkapnya.

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id