comscore

Cegah Penyebaran Omicron, Yuk Lebih Banyak Berkegiatan di Rumah

MetroTV - 21 Januari 2022 14:28 WIB
Cegah Penyebaran Omicron, Yuk Lebih Banyak Berkegiatan di Rumah
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Mencegah merebaknya covid-29 varian Omicron, masyarakat diimbau lebih banyak berkegiatan di rumah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memprediksi puncak kasus covid-19 akibat gelombang Omicron ini terjadi pada Maret 2022.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau warga untuk berhati-hati. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, disiplin, dan bertanggungjawab.
"Kita hadapi ini semua dengan cara berdiam diri di rumah dan laksanakan protokol kesehatan," ujar Riza pada tayangan Metro Siang di Metro TV, Jumat, 21 Januari 2022.

Anggota Komisi IX DPR Edy Wuryanto meminta masyarakat menunda liburan ke luar negeri. Sebab, sebagian besar kasus positif covid-19 varian Omicron di Tanah Air merupakan penularan dari luar negeri.

Menurut Edy, imbauan pemerintah agar masyarakat tidak bepergian ke luar negeri sudah tepat. "Masyarakat harus paham, kalau berkunjung karena ingin refreshing, ditunda dululah. Refreshing bukan persoalan penting," kata Edy.

Menurut dia, masyarakat bisa liburan tanpa harus ke luar negeri. "Saya mengimbau masyarakat, tahan dululah ya karena kita paham betul transmisi ini kebanyakan di negara-negara seperti Turki, Amerika, Malaysia, dan Singapura. Ini negara-negara yang memang tercatat tinggi transmisinya," tutur Edy.

Baca: Waspadai Omicron, Bos BI Optimistis Pemulihan Ekonomi Berlanjut

Dia menegaskan, masyarakat harus membantu pemerintah berupaya mencegah penularan kasus covid-19, terutama varian Omicron. "Jangan sampai kita menjadi sumber atau orang yang membawa virus Omicron ke Indonesia," kata dia.

Beri contoh baik

Menurut dia, kesadaran publik agar tidak bepergian ke luar negeri mesti terus ditingkatkan. Pejabat publik dan figur masyarakat harus menjadi contoh baik. 

"Jangan sampai negara sedang fokus menangani Omicron dan seluruh rakyat Indonesia sedang fokus ke situ, kita tidak memberi contoh yang baik," imbuhnya.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id