comscore

5 Orang Tewas Ditabrak Truk Tronton di Lampu Merah Balikpapan

Siti Yona Hukmana - 21 Januari 2022 10:21 WIB
5 Orang Tewas Ditabrak Truk Tronton di Lampu Merah Balikpapan
Truk bermuatan 20 ton tabrak pengendara di lampu merah Balikpapan/Istimewa
Jakarta: Sebanyak lima orang tewas ditabrak truk tronton di lampu merah daerah Balikpapan, Kalimantan Timur. Peristiwa naas itu terjadi pukul 06.15 WITA, hari ini, 21 Januari 2022.

"Laka tersebut yang mengakibatkan saat ini lima orang meninggal dunia dan luka-luka sedang dievakuasi serta rawat di rumah sakit (RS)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada Medcom.id, Jumat, 21 Januari 2022. 
Baca: Detik-detik Truk Tabrak Antrean Kendaraan di Lampu Merah, Sejumlah Korban Tergeletak di Jalan

Sementara itu, Karo Ops Polda Kaltim Kombes Frans Barung mengatakan kecelakaan beruntun itu terjadi akibat sebuah truk tronton KT-8534-AJ mengalami rem blong. Hal itu berdasarkan keterangan sopir Muhammad Ali. 

Kecelakaan maut itu berawal saat sopir truk tronton berangkat dari parkiran Jalan Pulau Balang Km.13, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, menuju Kampung Baru, Balikpapan Barat sekitar pukul 05.00 WITA. Truk itu bermuatan kapur pembersih air dengan berat 20 ton. 

Baca: Truk Tronton Seruduk Sejumlah Kendaraan saat Lampu Merah di Balikpapan

"Sesampai di depan Rajawali Foto Km.0,5  sopir truk tronton sudah mulai mengurangi porsneling dari 4-3 dan sesampai di depan Bank Mandiri rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton meluncur laju dan menabrak yang ada di depannya saat di TL (Trafic light) Muara Rapak warna merah," ungkap Frans dalam keterangan tertulis. 

Frans mengatakan sopir truk pertama-tama menabrak sepeda motor. Kemudian, melaju menabrak kendaraan lain di depannya.

Akibat kecelakaan maut tersebut, lima orang tewas, empat luka berat. Ada pula korban luka ringan, namun belum terdata. Para korban dibawa ke RSU Khanujoso dan RSU Beriman. 

Kecelakaan itu mengakibatkan lampu merah roboh, pagar pembatas jalan rusak. Kecelakaan melibatkan enam mobil, dua angkot warna merah dan biru,dua mobil pribadi, dan 14 sepeda motor. 

Peristiwa kecelakaan itu terekam kamera pemantau atau closed-circuit television (CCTV). Video itu berdurasi 41 detik, kecelakaan terjadi pada detik 23. 

Mula-mula jalan terlihat ramai lancar, lalu tiba-tiba datang dengan kecepatan tinggi truk tronton warna merah menabrak sejumlah kendaraan yang tengah berhenti di TL menunggu lampu hijau. Jalan raya langsung porak poranda. Sejumlah kendaraan hancur parah.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id