Tolak Kenaikan Tipis UMP 2022, Demo Buruh di Bandung & Surabaya Nyaris Rusuh

    MetroTV - 23 November 2021 17:52 WIB
    Tolak Kenaikan Tipis UMP 2022, Demo Buruh di Bandung & Surabaya Nyaris Rusuh
    Minta kenaikan UMP minimal 13%. Foto: Dok/Metro TV



    Jakarta: Demo buruh menolak kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022 terjadi di sejumlah daerah sejak Senin, 22 November 2021. Buruh meminta kenaikan upah minimal 10%.

    Unjuk rasa ribuan buruh menuntut kenaikan upah di Bandung, Jawa Barat sempat memanas. Ketika pengunjuk rasa memblokir jalan dan mendobrak pintu masuk sejumlah pabrik dan perusahaan untuk mengajak para pekerja berhenti bekerja dan mengajak untuk mogok masal.

     



    "Pengunjuk rasa memblokade jalan di sepanjang kawasan industri Batu Jajar, Cimeremeh, hingga Balaralang dengan tuntutan kenaikan UMP 2022 sebesar 10%," ucap Presenter Metro TV, Eva Wondo, dalam tayangan Metro Siang, Selasa 23 November 2021.

    Di Surabaya, Jawa Timur, pengunjuk rasa sempat diwarnai kericuhan di sekitar Gedung Graha Raya di Surabaya. Pengunjuk rasa sempat bersitegang dengan petugas kepolisian karena terprovokasi saat menuju Graha Raya.

    Unjuk rasa di depan gedung Graha Raya ini dimaksudkan menolak kenaikan UMP sebesar 1,25% dan menuntut untuk menaikan UMP Jatim minimal 13%.

    Unjuk rasa juga terjadi di Brebes Jawa Tengah, Senin, 22 November 2021 siang.  Masa merobohkan pintu masuk pabrik saat memaksa para buruh untuk berunjuk rasa di depan kantor Bupati Brebes.

    Para buruh meminta kenaikan UMK sebesar 10%. Sejumlah organisasi buruh mengancam mogok kerja selama tiga hari yakni 26 hingga 29 November bila kenaikan upah tidak terpenuhi.

    Upaya mediasi pemerintah kabupaten untuk perwakilan pengusaha serta perwakilan organisasi buruh tidak menemui titik temu. Diketahui upah minimum Kabupaten Brebes 2020 naik 0,97%. (Raja Alif Adhi Budoyo)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id