comscore

Viral Cahaya Hijau di Gunung Merapi, Begini Penjelasan LAPAN

Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Mei 2021 16:17 WIB
Viral Cahaya Hijau di Gunung Merapi, Begini Penjelasan LAPAN
Foto kilatan cahaya layaknya komet jatuh di puncak Gunung Merapi yang beredar di media sosial. ANTARA/HO/IG: @gunarto_song
Jakarta: Beberapa hari terakhir media sosial dihebohkan sebuah unggahan foto sekelebat cahaya hijau cyan di Gunung Merapi, Jawa Tengah. Foto tersebut diunggah oleh akun Instagram @Gunarto_Song.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ikut angkat bicara terkait hal tersebut.
LAPAN menduga cahaya hijau yang muncul di dekat Gunung Merapi berkaitan dengan aktivitas hujan meteor.
 
"Diduga kilatan cahaya yang kehijauan yang muncul di dekat Gunung Merapi mungkin terkait dengan aktivitas hujan meteor," kata peneliti LAPAN, Andi Pangerang, Minggu, 30 Juni 2021.
Andi menjelaskan bahwa berdasarkan data International Meteor Organization (IMO) dalam Bulan Mei 2021 setidaknya terdapat dua hujan meteor yang sedang aktif ketika cahaya tersebut diabadikan kamera pada Kamis, 27 Mei 2021, yaitu hujan meteor Eta Aquarid yang aktif pada 19 April sampai 28 Mei 2021 dan hujan meteor Arietid pada 14 Mei sampai 24 Juni 2021.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa peristiwa hujan meteor adalah peristiwa yang biasa terjadi. Dan tidak ada hubungannya dengan gerhana bulan total yang terjadi sehari sebelumnya.

“Tidak ada hubungannya dengan apapun tentang gerhana bulan total yang baru saja terjadi Rabu, 26 Mei 2021, sehari sebelum dipotretnya kilatan cahaya kehijauan di Merapi, maupun sesuatu tentang aktivitas Merapi," jelas Andi.
 
Sementara terkait warna yang muncul, Andi membeberkan hal tersebut tergantung pada unsur mendominasi meteor yang jatuh tersebut. Warna biru kehijauan berasal dari magnesium, kalsium ditandai dengan warna violet, dan nikel ditandai dengan warna hijau yang bersinar.
 
"Mengingat cahaya yang dipancarkan di foto itu berwarna kehijauan,  kemungkinan besar meteor yang jatuh di sekitar Merapi didominasi oleh unsur magnesium," ungkapnya.
 
Sebelumnya sebuah unggahan akun Instagram @Gunarto_Song menunjukkan foto dengan cahaya berkelebat hijau yang muncul di dekat Gunung Merapi. Fenomena itu juga dikonfirmasi melalui pantauan CCTV Merapi dan Pos Kalitengah Kidul.

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id