Kenang Taufiq Kiemas, Puan: Tak Hanya Ayah, Tapi juga Mentor Kami

    Al Abrar - 08 Juni 2021 23:10 WIB
    Kenang Taufiq Kiemas, Puan: Tak Hanya Ayah, Tapi juga Mentor Kami
    Ketua DPR Puan Maharani. Istimewa



    Jakarta: Keluaga Besar Megawati Soekarnoputri menggelar haul Taufiq Kiemas ke-delapan di Masjid At-Taufiq, Selasa, 8 Juni 2021. Ketua DPR Puan Maharani mengenang jasa dan ajaran Taufiq, serta bersyukur pernah digembleng langsung oleh ayahnya itu.

    “Bagi Keluarga kami, Pak Taufiq bukan hanya sebagai ayah, tetapi juga menjadi guru dan mentor kami dalam kehidupan serta dalam perjuangan politik kami. Insyaallah saya akan terus menjadikan pedoman dan suri tauladan semua bekal dan pendidikan dari ayah dan ibu saya tercinta,” ujar Puan.

     



    Puan mengatakan dari sosok almarhum dan Megawati Soekarnoputri, dirinya mendapat gembelengan politik secara langsung sejak zaman Orde Baru. Hingga dirinya menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan, Ketua Fraksi, Menko PMK, dan saat ini menjadi Ketua DPR perempuan pertama.

    Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam sambutannya menjelaskan sosok Taufiq Kiemas sebagai tokoh bangsa. Perannya melintas batas dan sosok humanis yang sangat dekat dengan segala elemen bangsa termasuk dengan keluarga besar Muhammadiyah.

    “Pak Taufiq adalah figur yang punya kekuatan luar biasa yang dapat mempertautkan antara keislaman dan kebangsaan dan menjadi teladan serta jembatan bagi kaum Islam dan kaum nasionalis untuk memadukan kemajemukan bangsa demi kemajuan Indonesia,” jelas Haedar Nasir.

    Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menjelaskan kesaksiannya pada sosok Taufiq Kiemas sebagai tokoh nasionalis religius. “Pak Taufiq Kiemas adalah tokoh yang nasionalis 100 persen karena sangat mencintai Indonesia dengan luar biasa dan juga 100 persen religius karena sangat taat beribadah, bahkan saat kami pergi haji bersama ternyata fasih membaca Al-Qur’an,” terang Said Aqil Siradj.

    Said Aqil juga menguraikan jiwa kedermawanan Taufiq Kiemas sangat membekas di hati banyak orang termasuk bagi sahabat-sahabatnya.

    “Semoga dengan amal soleh dan ibadah almarhum Pak Taufiq, arwahnya saat ini mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tuturnya.

    Ketua Panitia Peringatan Sewindu Wafatnya Taufiq Kiemas, yang juga Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah menjelaskan peringatan wafatnya Taufiq Kiemas selalu diselenggarakan setiap tahun oleh keluarga besar Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDIP.

    “Peringatan wafatnya Pak Taufiq setiap 8 Juni dengan menggelar doa, yasinan dan tahlilan dimaksudkan selain untuk mendoakan almarhum, juga untuk mengenang dan menjadikan suritauladan kepemimpinan otentik untuk bekal generasi muda saat ini,” ujar Basarah.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id