Pasien Covid-19 Membeludak, 325 Perawat Gugur

    Siti Yona Hukmana - 26 Juni 2021 14:59 WIB
    Pasien Covid-19 Membeludak, 325 Perawat Gugur
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Lonjakan kasus covid-19 terjadi di beberapa wilayah Indonesia pascalibur Lebaran 2021. Hal itu membuat perawat di sejumlah rumah sakit terpapar saat menangani pasien yang membeludak.

    "(Akibatnya) 325 (perawat gugur). Jadi, setelah (gugur) di (Rumah Sakit Darurat) Wisma Atlet (Jakarta Pusat) itu ada tiga lagi di Yogyakarta, Jakarta dan Karawang. Itu data yang masuk ke kami," kata perawat Harif Fadillah dalam diskusi daring bertema Covid-19 Gawat Darurat, Sabtu, 26 Juni 2021. 

     



    Harif mengatakan 325 rekannya itu meninggal setelah dinyatakan terinfeksi covid-19. Namun, dia belum dapat memastikan ada tidaknya faktor kelelahan. Sebab, harus mengetahui kronologi saat para perawat itu bekerja.

    Baca: Banyak Nakes 'Tumbang', RS Harus Prioritaskan Kesehatan Tenaga Medis

    Harif mengakui situasi cukup krisis pekan ini. Hal itu dibuktikan dengan penuhnya beberapa rumah sakit di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

    "Bahkan unit gawat darurat (UGD) menjadi ruang rawat. Jadi, tempat tidur observasi itu untuk perawatan saat ini," ujar Harif. 

    Di samping itu, Harif menyebut rumah sakit yang kedatangan banyak pasien juga tak kunjung mendapat tambahan tenaga kesehatan. Akibatnya, jumlah tenaga medis berbanding terbalik dengan pasien.

    "Kita bicara minggu ini pasti teman-teman kami kelelahan, baik fisik maupun mental. Mental ini bukan tekanan luar, tetapi melihat kondisi pasien antre itu rasa empatinya dibawa dalam perasaan mendalam, kok bisa seperti ini," tuturnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id