comscore

Pernyataan Jenderal Dudung 'Jangan Terlalu Dalam Pelajari Agama' Tuai Polemik

Cindy - 06 Desember 2021 14:38 WIB
Pernyataan Jenderal Dudung Jangan Terlalu Dalam Pelajari Agama Tuai Polemik
Pangkostrad Mayjen Dudung Abdurachman dilantik sebagai KSAD. Foto: BPMI Setpres
Jakarta: Belum genap sebulan dilantik, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menuai polemik. Dudung sempat melontarkan pernyataan, "jangan terlalu dalam mempelajari agama".

Ucapan itu dilontarkan saat Dudung memberikan ceramah di Masjid Nurul Amin, Kota Jayapura, Papua, beberapa waktu lalu. Video ceramah itu diunggah akun YouTube resmi TNI AD. 
Sejumlah pejabat dan tokoh publik mempertanyakan pernyataan Dudung Abdurachman hingga TNI AD harus memberikan klarifikasi atas pernyataan tersebut. Berikut selengkapnya:

Ketua MUI: urusan agama bukan ranah Dudung

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhammad Cholil Nafis mempertanyakan maksud Jenderal Dudung terkait 'jangan terlalu dalam mempelajari agama'. Ucapan tersebut mengandung banyak makna. 

"Dalam pemahaman saya yang mengikuti hadis, baca hadis kalau orang dikehendaki baik oleh Allah di antaranya adalah orang yang paham agama, bahkan yang mendalami agama," kata Cholil, Senin, 6 Desember 2021. 

"Jadi memang memahami agama harus mendalam, kalau lurus-lurusnya. Saya enggak tahu apa yang dimaksud oleh beliau (Jenderal Dudung) itu apa. Maka saya tanya apa maksudnya," lanjut dia lagi. 

Jenderal Dudung diminta fokus mengemban tugas dan kewenangannya sebagai KSAD, terutama menyelesaikan konflik Papua. Urusan agama bukan wilayahnya, sehingga pernyataannya bisa menjadi kesalahpahaman. 

"Kesejahteraan TNI itu juga perlu diperhatikan, profesionalismenya juga perlu ditingkatkan. Saya pikir fokus lebih baik karena agama bukan tupoksinya, bukan wilayahnya, sehingga sering disalahpahami," ucap Cholil. 

Baca: Pernyataan Dudung Diyakini Turunkan Ketegangan di Papua







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id