Jokowi tidak Pernah Menolak Bantuan Mahathir Menangani Karhutla

    Damar Iradat - 21 September 2019 15:21 WIB
    Jokowi tidak Pernah Menolak Bantuan Mahathir Menangani Karhutla
    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar membantah pernyataan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad. Sebelumnya, Mahathir menyebut Presiden Joko Widodo menolak bantuan Malaysia untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

    "Setahu saya tidak ada bapak Presiden mengatakan menolak atau tidak menolak," kata Siti saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 21 September 2019. 

    Siti menjelaskan, penanganan karhutla menurut aturan ASEAN Agreement on Transboundary Haze Polluiton (AATP) ditangani oleh negara terkait dan jika diperlukan, baru mendapatkan bantuan dari negara lain. Menurut Siti, saat ini, penanganan karhutla di Indonesia sudah sistematis. 

    Pemerintah, kata dia, telah menggunakan 300 juta liter air untuk memadamkan api. 23 ribu petugas dari TNI dan Polri juga dikerahkan untuk penanganan karhutla di tujuh provinsi. 

    "Langkah penegakan hukum, baik KLHK maupun Polri juga intensif berlangsung," ujarnya. 

    Tidak hanya itu, kata Siti, hujan buatan juga dilakukan di Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.  "Hujan akan turun bila ada bibit awan," tutur siti.

    Siti menyebut tim kerja penanganan karhutla yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto belum membahas soal bantuan dari negara lain. Tim, kata dia, sejak Februari sudah menyiapkan langkah strategis untuk menangani permasalahan ini. 

    Selain upaya pemerintah, pihak swasta dan masyarakat sipil juga turut membantu dalam penanganan masalah karhutla. Sehingga, menurut dia, sepanjang negara masih memiliki sumber daya dan melaksanakan upaya maksimal, bantuan dari negara lain tidak dibutuhkan. 

    "Kecuali negara itu sudah tidak ada resources yang akan digunakan," ujar Siti. 





    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id