Sejumlah Menteri Bergegas ke Istana

    Damar Iradat - 23 September 2019 12:19 WIB
    Sejumlah Menteri Bergegas ke Istana
    Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah menteri kabinet kerja ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi dan jajarannya akan membahas revisi undang-undang yang tengah menjadi sorotan publik dan situasi terkini.

    Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil sudah hadir di Istana Kepresidenan. Namun, keduanya enggan banyak bicara soal pemanggilan ini.

    "Nanti saja, pas keluar," kata Yasonna saat dikonfirmasi wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 23 September 2019.

    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Presiden memanggil sejumlah menteri untuk membahas situasi terkini yang terjadi di sejumlah wilayah Tanah Air. Dia pun menjadi salah satu pembantu Presiden yang dipanggil untuk menghadap.

    "Iya, (rapat) melihat situasi sekarang ini," ujar Moeldoko singkat.

    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto juga akan hadir dalam rapat bersama Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

    Mahasiswa di sejumlah daerah melakukan aksi menolak revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), RUU Pertanahan, dan RUU lain yang dianggap bermasalah. Mereka meminta pemerintah tegas dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa daerah, serta penanganan permasalahan yang terjadi di Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu.

    DPR sedianya mengesahkan RKUHP dalam rapat paripurna pemungkas periode 2014-2019, Selasa, 24 September 2019. Aturan baru itu bakal menggantikan KUHP peninggalan pemerintahan Hindia Belanda.

    Namun, dalam prosesnya, RKUHP menimbulkan pro kontra. Sejumlah poin RKHUP dinilai pasal karet. Jokowi memutuskan menunda pengesahan RKUHP.

    Jokowi mengaku mendengarkan masukan berbagai kalangan yang berkeberatan dengan sejumlah substansi RKUHP. Dia memerintahkan Yasonna untuk menyampaikan sikap pemerintah kepada DPR.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id