Jokowi Minta Lembaga Pemerintah Tak Sepelekan Masalah

    Damar Iradat - 13 November 2019 11:40 WIB
    Jokowi Minta Lembaga Pemerintah Tak Sepelekan Masalah
    Presiden Joko Widodo di Pembukaan Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu, 13 November 2019. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta TNI, Polri, Jaksa Agung, dan kepala daerah tidak menyepelekan masalah kecil. Seluruh unsur perlu berhati-hati. 

    "Saya titip, jangan menggampangkan (masalah kecil), karena sekarang banyak ketidakpuasan," kata Jokowi dalam sambutannya di Pembukaan Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu, 13 November 2019.

    Ia mencontohkan demonstrasi besar-besaran terjadi di hampir seluruh dunia. Demonstrasi di Hong Kong sudah terjadi lima bulan. Pedemo menentang kebijakan ekstradisi kasus hukum ke Cina Daratan.

    Demonstrasi besar-besaran juga terjadi di Cile yang menentang penaikan tarif transportasi sebesar 4 persen. Bolivia juga bergejolak lantaran sengketa pemilu yang tidak ditangani dengan baik.  

    "Akhirnya Presiden Evo Morales mundur. Ini adalah contoh-contoh ketidaknyamanan di negara lain mulai banyak muncul," ujar dia.

    Jokowi menginstruksikan jajaran TNI, Polri, dan Forkopimda berhati-hati menangani setiap permasalahan. Gubernur, pangdam, maupun kapolda juga harus menjalin komunikasi dengan intens.

    "Hubungan harmonis seperti itu akan sangat mempengaruhi tensi di daerah. Kalau ada yang tidak rukun, akan jadi masalah besar di daerah," jelas Jokowi.

    Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut setiap muncul potensi masalah aparat penegak hukum harus mengedepankan langkah-langkah preventif atau pencegahan. Aparat diminta tidak menunggu kejadian baru menindak. 

    "Kalau ada persoalan hukum dan itu sudah kelihatan di awal-awal, preventif dulu. Diingatkan dulu, jangan ditunggu, kemudian peristiwa terjadi," tutur dia. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id