Petani Kendeng: Pak Jokowi, Saya Sudah Kehilangan Bapak

    Yogi Bayu Aji - 22 Maret 2017 16:03 WIB
    Petani Kendeng: Pak Jokowi, Saya Sudah Kehilangan Bapak
    Petani Kendeng, Gunarti dan Gunarto di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu 22 Maret 2017/MTVN/Yogi Bayu Aji
    medcom.id, Jakarta: Gunarti, petani asal Pati, Jawa Tengah, mengeluarkan air mata di tengah anggota Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang sedang mengantre bersalaman dengan Presiden Joko Widodo. Dia memilih berdiri di dekat pilar dalam Istana Negara, dibanding berbaris di tengah ruangan untuk menyapa Jokowi.

    Petani Pegunungan Kendeng itu sejatinya ingin bicara hati ke hati dengan orang nomor satu di Indonesia. Sayangnya, dia tidak diberikan kesempatan.

    Dia pun batal menyampaikan keluh kesah kepada Jokowi. Gunarti telanjur kecewa karena Jokowi enggan bersikap soal izin pabrik PT Semen Indonesia di Pegunungan Kendeng yang kembali dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. "Kalau melihat apa yang dikatakan beliau, pak Jokowi, rasanya saya sudah kehilangan bapak," kata Gunarti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu 22 Maret 2017.

    Menurut dia, Jokowi lebih ingin masalah ini ditanyakan kepada Gubernur Ganjar. Dia mengaku, sudah menjelaskan bila pihaknya sudah melakukan segala hal agar Ganjar tidak kembali mengeluarkan izin. Namun, Sang Gubenur bergeming.

    "Pabrik semen itu dibutuhkan, tapi enggak semua orang hidup untuk semen," tegas dia.

    Warga, kata dia, lebih menginginkan hidup sebagai petani. Mereka ingin menjalankan perintah Presiden pertama Indonesia Sukarno untuk mencintai Tanah Air.

    "Harapan saya, ya petani biar bertani, yang sawah tetap sawah, yang gunung tetap gunung, yang laut biar laut. Biar indonesia tetap indonesia seperti yang dipesankan pak Karno," jelas dia.

    Gunarti yang berangkat ke Jakarta bersama adiknya, Gunarto, mengaku membawa amanah dari warga kampung. Dia menekankan, hanya Jateng lah yang jadi lumbung pangan nusantara.

    "Kalau nanti Jateng rusak, maka negara ini tidak akan ada pangan lagi," papar dia.

    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id