Penjelasan Wakapolri Soal Libatkan Preman Jaga Protokol Kesehatan

    Kautsar Widya Prabowo - 14 September 2020 16:39 WIB
    Penjelasan Wakapolri Soal Libatkan Preman Jaga Protokol Kesehatan
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Eddy Pramono meluruskan rencananya melibatkan preman mengawasi penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Dia bermaksud melibatkan komunitas masyarakat. 

    "Ada komunitas perkantoran, pasar, ojek, motor besar, yang semuanya mempunyai pimpinan formal dan informal," kata Gatot dalam rapat bersama Komisi III, di Kompleks DPR, Senin, 14 September 2020. 

    Wakil Ketua 2 Komite Penanganan Covid-19 itu mengaku ingin merangkul semua pihak, termasuk di lingkungan perkantoran. Pemilik perusahaan hingga bagian keamanan diminta proaktif.

    "Di sini, Polri bersama TNI dan satpol PP (satuan polisi pamong praja) akan berkoordinasi dan menyampaikan bagaimana kita menerapkan protokol covid-19 yang benar," tutur dia.

    Gatot menyebut langkah ini diperlukan lantaran jumlah aparat gabungan tidak cukup menjangkau pengawasan penerapan protokol kesehatan di tiap lokasi. Untuk itu, ia berinisiatif melibatkan pihak-pihak yang memiliki pengaruh besar dalam komunitas masing-masing.

    Baca: Persentase Kematian Akibat Covid-19 Diklaim Menurun

    "Ada yang menyebutnya mandor di situ, ada yang menyebutnya jeger, preman. Mereka ini kan setiap hari di sana, bukan kita merekrut tapi kita merangkul mereka," tutur dia.

    Jenderal bintang tiga itu meyakini keterlibatan pimpinan informal suatu komunitas dapat membangun kesadaran kolektif dalam menaati protokol kesehatan covid-19. Hal ini dipastikan dapat mempercepat upaya memutus rantai penularan virus korona. 

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id