Kemenkes Bantah WNA Terjangkit Korona Tertular di Indonesia

    Kautsar Widya Prabowo - 06 Februari 2020 16:26 WIB
    Kemenkes Bantah WNA Terjangkit Korona Tertular di Indonesia
    Warga di Wuhan diisolir karena wabah Virus Korona. Foto: AFP
    Jakarta: Kementerian Kesehatan mengklarifikasi informasi warga negara asing (WNA) asal Kanada yang diduga terjangkit korona di Malaysia. WNA itu sebelumnya berkunjung ke Indonesia. 

    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu menduga WNA tersebut tertular virus mematikan itu jauh sebelum datang ke Indonesia. Gejala virus korona baru bisa timbul 14 hari setelah menyerang sistem kekebalan tubuh. 

    Sedangkan WNA tersebut berada di Indonesia tidak lebih dari waktu yang ditentukan. Ia diduga tertular dari negara yang dia sambangi sebelumnya. 

    "Kalau misalnya itu belum (terjangkit) pada waktu dia di Indonesia belum masuk gejalanya, ya, tentu pasti negatif," ujar Wiendra dalam konfrensi pers, di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis, 6 Februari 2020. 

    Kemenkes Bantah WNA Terjangkit Korona Tertular di Indonesia
    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu. Foto: Medcom.id/ Kautsar Widya Prabowo

    Wiendra membantah Indonesia tidak memiliki sistem pendeteksi individu yang terjangkit virus korona. Bandara hingga pelabuhan internasional telah menerapkan standar operasional prosedur (SOP) sesuai organisasi kesehatan dunia (WHO). 

    "Berarti pada waktu diperiksa (bandara atau pelabuhan)  belum masuk ke (gejala) korona virus,  karena masa inkubasinya panjang," jelasnya. 

    Sebelumnya, seorang remaja 17 tahun asal Kanada yang datang ke Malaysia dilaporkan dirawat diduga terinfeksi virus korona. Dia baru saja berkunjung ke Indonesia. 

    Menteri Kesehatan Malaysia Datuk Seri Dzulkefly Ahmad menyatakan, gadis itu tiba-tiba pingsan di pusat kota Kuala Lumpur (KLCC), Rabu pagi, 5 Februari 2020.


     



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id