Newsline

    BMKG Ungkap Penyebab Pergeseran Waktu Musim Penghujan

    MetroTV - 15 September 2021 17:27 WIB
    BMKG Ungkap Penyebab Pergeseran Waktu Musim Penghujan
    BMKG sudah prediksi pergeseran musim hujan di sejumlah wilayah. Foto: Dok/Medcom



    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi mengenai pergeseran waktu musim penghujan yang jatuh pada September. Sebelumnya, kedatangan musim basah ini disebut terjadi pada Oktober dan November.

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, penyebab pergeseran waktu terjadi karena perairan di Indonesia yang masih hangat. Hal ini mengintensifkan pembentukan awan-awan hujan.

     



    "Adanya dinamika yang dipengaruhi oleh Samudera Hindia, seperti terjadinya madden julian oscillation yang meningkatkan pembentukan awan hujan," kata Dwikorita dalam tayangan Newsline Metro TV pada Rabu, 15 September 2021.

    Dwikorita menerangkan, terdapat 15 persen zona di Indonesia memasuki musim penghujan pada September. Bahkan, sebanyak 40 persen zona diprediksi akan dilanda musim ini pada Oktober mendatang.

    "Perbedaan tekanan udara sehingga terjadi pembelokan arah angin. Secara umum, permukaan air laut di Indonesia yang hangat memicu peningkatan ini," jelas Dwikorita.

    Dwikorita menyatakan, sejumlah daerah di tanah air diharapkan dapat menyiapkan langkah antisipasi. Terdapat potensi buruk, seperti terjadinya banjir bandang dan tanah longsor dalam waktu dekat.

    “Daerahnya Sumatera Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan Papua Barat,” terang Dwikorita.

    Ia menegaskan, kerjasama seluruh pihak sangat diperlukan guna mengatasi permasalahan ini. BMKG pun tak henti berkoordinasi secara dengan rutin bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (SAR) dan Bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

    "Yang penting saat ini aksi di lapangan. Jadi sebelum terjadi kondisi ekstrim, kami mengajak meninjau langsung ke lapangan," kata dia. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id