comscore

Penggunaan Produk Halal Meningkat

Kautsar Widya Prabowo - 11 November 2021 17:39 WIB
Penggunaan Produk Halal Meningkat
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Fachri
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan kesadaran masyarakat muslim untuk menggunakan produk halal meningkat. Hal tersebut terjadi seiring bertambahnya jumlah umat Islam di dunia. 

"Bagi umat Islam, menggunakan produk halal, makanan, minuman, obat-obatan, fesyen, dan lain sebagainya bagian dari perintah agama," ujar Ma'ruf dalam acara Grand Launching Universitas Indonesia Halal Center (UIHC), di Kampus UI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis, 11 November 2021. 

 



Ma'ruf memperkirakan permintaan produk halal terus meningkat. Ia menjelaskan halal dapat berbentuk sifat, zat, hingga proses pembuatan dari produk terkait. 

"(Halal) bagian dari pada tatanan kehidupan umat Islam," ucap Ma'ruf.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyebut jumlah Muslim di Indonesia akan mencapai 245 juta jiwa pada 2030. Sedangkan, populasi muslim global pada 2030 diprediksi mencapai 2,2 miliar, atau sekitar 26 persen dari populasi dunia.

Baca: Ma'ruf Amin Beberkan 4 Peran Universitas Mengembangkan Produk Halal

Ia menekankan Indonesia sebagai salah satu produsen produk halal harus mampu mengambil peluang tersebut. Pemerintah telah memperkuat ekosistem produk halal dan mengakselerasi pertumbuhan industri produk halal dalam negeri.

Hal ini sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menargetkan Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia pada 2024. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dengan memperkuat Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

"Dimaksudkan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah melalui empat pilar, yang salah satunya adalah pengembangan industri produk halal," ucapnya.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id