Kemenkes Gandeng Pemprov DKI Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sejumlah Pasar Ibu Kota

    Fachri Audhia Hafiez - 17 Februari 2021 12:28 WIB
    Kemenkes Gandeng Pemprov DKI Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sejumlah Pasar Ibu Kota
    Ilustrasi Medcom.id.
    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melanjutkan proses vaksinasi covid-19 tahap dua di sejumlah pasar di Ibu Kota. Program ini menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

    "Jadi di Jakarta sendiri ada 153 titik pasar. Saya (bicara) dengan Pak Gubernur (DKI Jakarta) Anies (Anies Baswedan) kalau bisa bikin kegiatan (vaksinasi) pasar," ujar pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap dua di Pasar Tanah Abang, Rabu, 17 Februari 2021.

    Maxi mengatakan Kemenkes nantinya menyediakan vaksinator untuk pelaksanaan vaksin di pasar tersebut. Vaksinator berasal dari Kemenkes serta TNI-Polri.

    Dia tak menampik vaksinasi difokuskan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Ke depannya, program memutus rantai penyebaran covid-19 ini menjangkau seluruh pasar di Indonesia.

    "Jadi pedagang pasar itu menjadi instruksi Pak Presiden (Joko Widodo) harus didahulukan, diprioritaskan," ujar Maxi.

    Baca: Vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang Dibagi per Lantai

    Maxi mengeklaim masyarakat antusias menyambut pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pusat perbelanjaan itu menjadi lokasi pertama pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap dua.

    Seluruh pedagang pasar awalnya kurang antusias. Namun, berkat sosialisasi yang efektif, banyak pedagang tertarik ikut imunisasi tersebut.

    "Satu pekan sebelumnya menyebar sosialisasi, animo luar biasa," ujar Maxi.

    Kemenkes menggelar penyuntikan vaksin tahap dua di Pasar Tanah Abang sebagai pilot project vaksinasi covid-19. Pelaksanaan kegiatan tersebut menggunakan pola 'jemput bola' dengan mendatangi masyarakat.

    Sekitar 9.700 orang akan divaksin di Pasar Tanah Abang. Vaksinasi di pusat perbelanjaan itu akan berlangsung selama lima hari.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id