LIPI Optimalisasi Laboratorium untuk Deteksi Covid-19

    Suryani Wandari Putri Pertiwi - 06 Desember 2020 03:12 WIB
    LIPI Optimalisasi Laboratorium untuk Deteksi Covid-19
    Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberdayakan seluruh laboratorium yang dimiliki untuk penanganan covid-19. Salah satunya, LIPI mengoptimalkan fasilitas laboratorium BSL-3 untuk mendeteksi sampel virus korona SARS-CoV-2.

    “LIPI banyak memiliki fasilitas laboratorium untuk uji klinis herbal, seperti di Pusat Penelitian Kimia dan di Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI salah satunya laboratorium yang dikelola oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI,” jelas Kepala PPII Yan Rianto dalam keterangan tertulis, Sabtu, 5 Desember 2020

    Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI ini mengatakan laboratorium lembaganya memiliki infrastruktur yang lengkap dan telah tersertifikasi sesuai standar WHO.

    Sejak 20 April 2020, LIPI menguji quantitative reverse transcription polymerase chain reaction (QRT-PCR) untuk sampel klinis. LIPI kemudian mengantongi persetujuan Kementerian Kesehatan sebagai laboratorium pemeriksa reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) covid-19.

    Laboratorium LIPI juga dimanfaatkan untuk uji klinis immunomodulator dari produk herbal, seperti terumbuh karang, dan Laboratorium IVD. Laboratorium LIPI juga menjalin kerja sama untuk tercapainya good manufacturing pratices (GMP) vaksin covid-19.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id