Satgas Sebut Sejumlah Pedemo UU Ciptaker Reaktif Covid-19

    Nur Azizah - 09 Oktober 2020 17:51 WIB
    Satgas Sebut Sejumlah Pedemo UU Ciptaker Reaktif Covid-19
    Kepala BNPB Doni Monardo. Antara/Indrianto Eko
    Jakarta: Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut sejumlah peserta aksi demo menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) ditemukan ada yang reaktif covid-19. Namun, Doni tidak memerinci asal daerah peserta tersebut.

    "Data yang berhasil kami kumpulkan dari sejumlah Polda ada beberapa daerah yang melakukan pemeriksaan terhadap para pedemo, dan dilakukan tes antibodi ada yang reaktif," kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.

    Beberapa massa juga diperiksa dengan menggunakan metode antigen. Ada pedemo yang dinyatakan positif korona dari hasil pemeriksaan tersebut.

    "Jadi, harus kita sampaikan kepada publik, tolong hindari kegiatan-kegiatan ramai dan berkerumun karena ini dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai di rumah," kata Doni.

    Baca: Hasil Rapid Test, 30 Peserta Demo di Makassar Reaktif Covid-19

    Dia mengatakan berkegiatan di tempat ramai tanpa mematuhi protokol kesehatan sangat berbahaya. Sebab, beberapa masyarakat bisa menjadi pembawa virus.

    "Saya selalu mengatakan bahwa pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit itu tidak berbahaya, yang berbahaya kalau pasien positif tetapi berkeliaran di luar. Ini sekali lagi saya katakan silent killer, pembunuh potensial," ungkap Doni.

    Kepala BNPB ini mengingatkan masyarakat agar tetap patuh menggunakan masker dalam berkegiatan apapun. Mereka juga diharuskan menjaga jarak dan rutin mencuci tangan.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id