Menhub Ungkap Kesiapan Sektor Transportasi Tangani Bencana

    Cindy - 05 Maret 2021 05:08 WIB
    Menhub Ungkap Kesiapan Sektor Transportasi Tangani Bencana
    Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membeberkan pola tindak lanjut rencana aksi transportasi laut untuk mendukung penanganan bencana gempa dan tsunami di Indonesia. Pola tindak lanjut dibagi menjadi jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang.

    "Jangka pendek, menjaga kehandalan kapal negara navigasi dan kapal patroli Kesatuan Penjagaan laut dan Pantai (KPLP) sebagai pendukung penanganan bencana," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana 2021 secara daring, Kamis, 4 Maret 2021.






    Budi menyebut sebanyak 41 unit kapal disiapkan untuk mengantisipasi penanganan bencana. Yakni 7 kapal kelas I, 15 kapal kelas II, 7 kapal kelas III, 4 kapal kelas IV, dan 8 kapal kelas V.

    "Kami juga menyiapkan sejumlah ABK yang memiliki profesionalisme," beber dia.

    Sementara itu, untuk jangka menengah, Kemenhub berusaha menambah jumlah kapal patroli KPLP. Serta meningkatkan kompetensi personel yang berjaga di stasiun Vesel Traffic Service (VTS) dan stasiun radio pantai (SROP).

    Sedangkan untuk jangka panjang, Kemenhub akan menempatkan alat deteksi bencana milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pelabuhan rawan bencana. Alat tersebut bakal terintegrasi dengan sistem yang dimiliki Kemenhub.

    Budi juga membeberkan sejumlah langkah antisipasi bencana lewat transportasi udara. Salah satunya, mengupayakan bandara dapat dibangun di seluruh Indonesia dengan kapasitas minimal pesawat Hercules dapat mendarat.

    "Kita akan buat panjang runway minimal 1.400 meter atau lebih agar Hercules bisa mendarat di sana dan kargo penolongan dapat masuk," tutur dia.

    Kemenhub juga akan memastikan kesiapan peralatan operasi portable atau emergency, meningkatkan koordinasi internal dan eksternal. Serta menyiapkan sumber daya manusia (SDM) handal sebagai tim reaksi cepat penanggulangan bencana.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id