comscore

Pemerintah Bagi 112 Wilayah Layanan Siaran di 341 Daerah

Whisnu Mardiansyah - 19 Januari 2022 22:30 WIB
Pemerintah Bagi 112 Wilayah Layanan Siaran di 341 Daerah
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Pemerintah memulai tahapan implementasi siaran televisi digital mulai 31 Agustus 2019. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan pemerintah menerapkan Analog Switch Off (ASO) dalam tiga tahap meliputi 112 wilayah layanan. 

“Sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 sektor Postelsiar, kami telah membagi pelaksanaan Analog Switch Off ke dalam tiga tahapan,” kata Johnny dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Januari 2022. 
Johnny memerinci tiga tahapan ASO. Tahap pertama pada 30 April 2022, di 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten dan kota, tahap kedua dilaksanakan paling lambat 25 Agustus 2022, di 31 wilayah layanan siaran di 110 kabupaten dan kota, dan tahap ketiga pada 2 November 2022, di 25 wilayah layanan siaran di 65 kabupaten dan kota. 

Baca: Menkominfo: Perpindahan Televisi Analog ke Digital Keniscayaan

“Dengan demikian, terdapat total ada 112 wilayah layanan siaran di 341 kabupaten dan kota yang menjadi wilayah implementasi ASO,” jelasnya. 

Sementara itu, daerah yang tidak tercakup layanan ASO terdapat 113 wilayah siaran di 173 kabupaten dan kota. Johnny menjelaskan untuk wilayah yang tidak tercakup ASO tersebut akan menjadi sasaran implementasi Digitalization Broadcasting System (DBS). 

“Pembagian wilayah layanan siaran yang akan menjalankan Analog Switch Off berdasarkan tahapan tadi sudah kami siapkan daftarnya. Tahap 1 di 56 wilayah layanan siaran, tahap 2 di 31 wilayah layanan siaran dan tahap 3 ada di 25 wilayah layanan siaran,” tandasnya. 

Dalam Raker bersama Komisi I, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal, Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, Juru Bicara Dedy Permadi, serta Staf Khusus Philip Gobang dan Rosarita Niken Widiastuti.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id