238 WNI dari Wuhan Dipastikan Sehat

    Fachri Audhia Hafiez - 02 Februari 2020 16:36 WIB
    238 WNI dari Wuhan Dipastikan Sehat
    Sebanyak 238 WNI yang dievakuasi dari provinsi Hubei, Tiongkok, tiba di Natuna, Kepulauan Riau, Minggu 2 Februari 2020. (Foto: Kementerian Luar Negeri)
    Jakarta: Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Hubei, Tiongkok, dipastikan dalam keadaan sehat. Mereka dibawa ke Pangkalan Militer Natuna, Kepulauan Riau, untuk dilakukan observasi.

    "Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan sesuai standar WHO (World Health Organization)," kata juru bicara presiden, M Fadjroel Rachman, dalam keterangan tertulis, Minggu, 2 Februari 2020.

    Pemerintah rencananya memulangkan 245 WNI yang berada di Wuhan. Namun, empat WNI tidak bersedia pulang, dan tiga lainnya tidak lolos screening oleh pemerintah Tiongkok.

    Fadjroel menjelaskan para WNI dibawa ke Natuna karena fasilitas di rumah sakitnya lengkap. Rumah sakit tersebut dikelola tim dokter dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL).

    Fadjroel menegaskan proses evakuasi kemanusiaan dan transit observasi dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2019, di bawah koordinasi menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan serta menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. 

    "Marilah kita bergotong-royong, bahu-membahu menghadapi dan melewati masa sulit demi nilai perikemanusiaan yang melekat dalam diri kita semua. Selamat kembali ke Tanah Air tercinta, Indonesia!" pungkas Fadjroel.






    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id