Jumlah Pasien Rawat Inap di Mayoritas Daerah PSBB Turun

    Nur Azizah - 12 Mei 2020 13:48 WIB
    Jumlah Pasien Rawat Inap di Mayoritas Daerah PSBB Turun
    Kepala BNPB Doni Monardo. Antara/Indrianto Eko
    Jakarta: Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut mayoritas daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mengalami penurunan pasien rawat inap. Contohnya, jumlah pasien rawat inap di DKI Jakarta yang sudah turun menjadi kurang dari 60 persen.

    "Artinya, jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan dari Kementerian Kesehatan maupun juga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah provinsi mengalami penurunan signifikan," kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Selasa, 12 Mei 2020.

    Misalnya di Rumah Sakit Fatmawati yang berkapasitas 84 kasur hanya terpakai 22 kasur. Kemudian, RS Mintoharjo Jaya hanya terpakai 18 dari 58 kasur yang tersedia.

    "Kemudian juga RS Polri Sutanto hanya terisi 65 dari 240 kasur. RSUD Pasar Minggu hanya terisi 13 dari 168 kasur. Rumah Sakit Persahabatan hanya terisi 40 dari 171 kasur. Rumah Sakit Pelni hanya terisi 89 dari 163 kasur," rinci Doni.

    Baca: Vaksin Korona Diprediksi Tersedia Tahun Depan

    RSUD Tarakan hanya terisi 53 dari 151 kasur yang disediakan, RSUD Duren Sawit terisi 46 dari 204 kasur, dan RSPI Sulianti Sarosos terisi 26 dari 36 kasur. Adapun di RS Pertamina Jaya terisi 34 dari 155 kasur, RSUD Tugu Koja terisi 13 dari 69 kasur, dan RSUD Cengkareng terisi 67 dari 154 kasur.

    "Kemudian untuk Sumatera Barat, pasien di RSUP  M Jamil Padang berjumlah 46 orang dari jumlah bed yang tersedia yaitu 112 bed," tuturnya.

    NasDem Sepakat PSBB DKI Diperpanjang
     
    Sedangkan di Jawa Barat, pasien covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung hanya berjumlah 30 orang. Sementara, kapasitas yang tersedia mencapai 135 kasur.

    "Ini menunjukkan kabar gembira karena pada minggu pertama, kedua, dan ketiga, sejak pemerintah memutuskan status darurat kesehatan, hampir semua rumah sakit di kota-kota besar terutama di Pulau Jawa mengalami peningkatan," tuturnya.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id