Pembebasan Lahan di Cipinang Melayu Diharap Tidak Bersandar NJOP

    Zaenal Arifin - 18 Februari 2020 21:31 WIB
    Pembebasan Lahan di Cipinang Melayu Diharap Tidak Bersandar NJOP
    Petugas UPK Badan Air memperbaiki turap Kali Sunter yang ambles di Jalan Cinta, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu, 8 Januari 2020. Foto: MI/Andri Widiyanto
    Jakarta: Ketua RW 04, Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Irwan Kusnadi, ingin pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Sunter tak bersandar nilai jual objek pajak (NJOP). Warga, kata dia, siap menyerahkan lahannya.

    "Harus dengan sistem appraisal (penaksiran nilai properti)," kata Irwan Kusnadi kepada Medcom.id di Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.

    Menurut dia, pada 2014 sebagian lahan sudah dibebaskan. Sekitar 61 bidang tanh diserahkan dengan mengacu pada NJOP.

    "Dulu acuannya pada pergub (peraturan gubernur), bahwa tidak bisa dibayarkan secara appraisal, harus menggunakan NJOP, kita deal dengan Pemda (Pemerintah Daerah) waktu itu dan dinaikan Rp1,5 juta daripada NJOP," ungkap dia.

    Meski demikian, kata dia, warganya sebenarnya tidak memusingkan ganti rugi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mereka hanya ingin harga yang dipakai masuk akal. 

    "Pasaran di sini sekitar Rp4 juta sampai Rp5 juta dan masyarakat sudah tidak mempersoalkan (harga), yang penting dibayar dan kita tidak kebanjiran terus," ungkap dia.

    Pembebasan Lahan di Cipinang Melayu Diharap Tidak Bersandar NJOP
    Petugas menggunakan alat berat membongkar bangunan semipermanen di pinggiran Kali Sunter, Jakarta Utara, Senin, 18 November 2019. Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim

    Saat ini, tinggal tersisa sekitar 21 bidang tanah belum dibebaskan untuk normalisasi Kali Sunter. Wilayah ini meliputi RT 1, 2, 4 dan 7.

    Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan membebaskan lahan di Cipinang Melayu. Pembebasan lahan demi mengatasi banjir yang kerap terjadi di wilayah tersebut.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id