15 Bangkai Kapal Kebakaran di Muara Baru Direlokasi

    Cindy - 27 Februari 2019 05:55 WIB
    15 Bangkai Kapal Kebakaran di Muara Baru Direlokasi
    Kapal terbakar di Muara Baru. Medcom.id/ Cindy
    Jakarta: Sebanyak 15 bangkai kapal telah direlokasi ke Dermaga Utara, Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara. Evakuasi dilakukan selama tiga hari dengan mengunakan sedikitnya enam kapal ikan. 

    "Iya, sejak kemarin kita sudah lakukan relokasi di Dermaga Utara karena ini tempat khusus perbaikan," kata Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) Rahmat Irawan di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Selasa 26 Februari 2019.

    Dermaga Utara dijadikan tempat relokasi agar para pemilik kapal mudah melakukan pengecekan bangkai kapal. Jika mesin kapal masih berfungsi, pemilik diperbolehkan mengambilnya. 

    "Pemilik ada yang mau ambil mesinnya. Kalau terlalu lama terendam, dikhawatirkan mesin rusak,"  ucap Rahmat. 

    Saat ditanya tentang aktivitas perbaikan kapal serta kapasitas kapal yang berlebihan, dia tak punya hak jawab. Semua masalah kebakaran 3 hari lalu diserahkan ke KKP Pusat. 

    "Saya enggak punya kapasitas untuk menjawab. Semua informasi terpusat pada Ibu Menteri (Susi Pudjiastuti) atau hubungi humas KKP," ungkapnya.

    Melalui pantauan medcom.id sekitar pukul 15.30 WIB, ada tiga pemilik yang datang untuk melakukan pengecekan bangkai kapal. Saat ditanya tentang kerugian kapal mereka tak ingin menjawab. 

    Sebelumnya, Kebakaran terjadi di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu, 23 Februari 2019. 23 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang berkobar sejak pukul 15.16 WIB itu. Api sempat padam pukul 05.00 WIB dini hari tadi.
      
    Api kembali berkobar di salah satu kapal. Api kembali menyala diduga karena angin kencang dan solar. Empat unit mobil pemadam kebakaran disiagakan untuk mengantisipasi kemunculan api.
     
    Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bancana Provnisi DKI Jakarta, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, sejumlah orang dibawa ke rumah sakit karena sesak napas.
     
    Para korban yaitu dua karyawati PT KMC yakni Resma dan Maria. Termasuk, satu pertugas Damkar bernama Anggo Widagdo. Seluruh korban dibawa ke RS. Atmajaya.

    Hingga Minggu, 24 Februari 2019 malam tercatat ada 34 kapal yang hangus terbakar.



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id