comscore

Indonesia Terima 3,5 Juta Vaksin Covid-19 dari COVAX

Antara - 13 Desember 2021 07:35 WIB
Indonesia Terima 3,5 Juta Vaksin Covid-19 dari COVAX
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Indonesia menerima 3,5 juta dosis vaksin dari fasiltas Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX). Vaksin covid-19 itu datang dalam dua gelombang, yakni tahap ke-155 dan ke-156.

"Pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada pemerintah Amerika Serikat dan negara-negara sahabat lain yang membantu ketersediaan vaksin di Indonesia," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan tertulis, Minggu, 12 Desember 2021.

 



Menurut dia, di tahap ke-155, 1.749.600 dosis Vaksin AstraZeneca mendarat di Tanah Air pada Sabtu, 11 Desember 2021, pukul 21.59 WIB. Di tahap ke-156, 1.766.700 dosis Vaksin Pfizer diterima Indonesia pada Minggu, 12 Desember 2021, pukul 15.45 WIB dan 22.15 WIB.

Nadia memastikan pemerintah Indonesia terus mendatangkan vaksin covid-19 sekaligus memperluas vaksinasi. Selain mengupayakan ke wilayah terpencil, pedalaman, dan terluar, cakupan sasaran vaksinasi diperluas dalam waktu dekat.

Baca: Vaksinasi Covid-19 untuk Usia 6-11 Tahun di Jakarta Dimulai Pekan Depan

Program vaksinasi anak 6-11 tahun, kata dia, segera mulai dilaksanakan pada Desember 2021. Vaksinasi terhadap anak diharap bisa mendukung pembentukan herd immunity di Indonesia.

"Dengan akan dimulainya program untuk kelompok sasaran ini, makin melindungi anak-anak kita dari ancaman covid-19, termasuk dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas," ujar Nadia.

Terkait vaksin booster, Nadia mengatakan pemerintah menyiapkan sesuai kelompok prioritas, yaitu tenaga kesehatan (nakes), lanjut usia (lansia), dan pemilik riwayat penyakit atau komorbid. Kelompok lansia penting mendapat booster karena rasio kasus covid-19 mereka masih tinggi.

Vaksin untuk Indonesia


Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id