comscore

Pemerintah Semakin Percaya Diri Indonesia Bisa Keluar dari Pandemi

Atalya Puspa - 24 Mei 2022 00:11 WIB
Pemerintah Semakin Percaya Diri Indonesia Bisa Keluar dari Pandemi
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Pemerintah semakin percaya diri Indonesia bisa keluar dari pandemi covid-19. Hal itu ditegaskan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

"Kementerian Kesehatan terus memonitor tren kasus covid-19 dan libur panjang kemarin tidak meningkatkan kasus covid-19 di Tanah Air. Kelihatannya kita sudah mulai merasa agak pede terhadap situasi ini," kata Dante dalam Rapat Kerja Komisi IX dengan Kemenkes, Senin, 23 Mei 2022.
Dante menjelaskan terdapat sejumlah tahap yang harus dilewati untuk bisa keluar dari pandemi. Antara lain fase seselerasi, terkendali, eliminasi, dan eradikasi.

"Saat ini kita masuk pada fase terkendali. Kenapa? Karena virus ini tidak menyebabkan disrupsi pada aktivitas sosial masyarakat. Angkanya semakin menurun dan dapat diprediksi secara stabil konformasi kasusnya setiap hari," beber Dante.

Dante membeberkan kondisi covid-19 di Indonesia saat ini terdapat penambahan rata-rata 250 kasus dalam sehari. Beberapa hari terakhir, kasus meninggal dunia tidak pernah lebih dari tiga orang.

Baca: Wamenkes: Status Covid-19 di Indonesia Terkendali, Belum Endemi

Selain itu, tidak ada lagi kasus covid-19 berat yang menjangkit masyarakat, sehingga angka keterisian tempat tidur juga dalam kondisi yang stabil. Berdasarkan pemantauan kadar antibodi yang dilakukan Kemenkes pada Maret 2022, ditemukan 99,6 persen masyarakat Indonesai telah memiliki antibodi covid-19.

"Kasus berat ada 230 orang saat ini. Dan ini sedikit sekali dan menyerang pasien usia tua atau yang belum divaksinasi," ungkap dia.

Terkendalinya covid-19 di Indonesia, kata dia, bukan berarti virus itu benar-benar hilang. Namun demikian, virus tersebut mungkin berhenti menyebar karena semua orang telah memiliki antibodi. Dengan demikian, virus itu tidak lagi berbahaya dan menyebabkan kematian.

"Lalu ada adaptasi genetik. Gen akan menyesuakian dengan faktor lingkungan. Sehingga gen dalam tubuh kita sudah kebal terhadap virus yang ada," imbuh dia.

Dante menegaskan perjalanan masih panjang untuk sampai di tahap eradikasi covid-19. Kemenkes telah membuat beberapa parameter yang harus dicapai. Misalnya, kasus konfirmasi kurang dari 20 orang, perawatan di RS kurang dari 5 orang, kematian kurang dari 1, dan vaksinasi dosis kedua telah mencakup 70 persen dari populasi.

"Dengan mencapai parameter itu, diharapkan aktivitas yang dilonggarkan tidak akan memberikan dampak terhadap peningkatan kasus berulang di masa yang akan datang," ungkap dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id