Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Menurun, Terutama Saat Libur Panjang

    Nur Azizah - 04 Desember 2020 08:39 WIB
    Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Menurun, Terutama Saat Libur Panjang
    ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan menurun. Apalagi, saat memasuki masa libur panjang.

    "Sangat disayangkan trennya terus menurun terkait kepatuhan individu dalam memakai masker, serta menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Hal ini bertepatan dengan periode libur panjang tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2029," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 3 Desember 2020.

    Tren penurunan berlanjut pada 27 November 2020. Persentase kepatuhan menggunakan masker menjadi 58,32 persen dari 77 persen pada bulan sebelumnya.

    Sedangkan untuk menjaga jarak persentasenya menjadi 43,46 persen dari 60,71 persen pada Oktober 2020. Menurut Wiku, data tersebut menunjukkan liburan panjang dapat memicu penurunan kepatuhan disiplin protokol kesehatan.

    Baca: Cegah Kenaikan Kasus Covid-19 dengan Disiplin 3M Selama Libur Panjang

    Sementara itu, berdasarkan peta zonasi kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak, hanya 9 dari 512 kabupaten/kota yang patuh memakai masker. Lalu, kurang dari 4 persen kabupaten/kota yang patuh menjaga jarak.

    "Jika masyarakat semakin lengah dalam menjalankan protokol kesehatan seperti yang ditunjukkan dalam tiga periode libur panjang, maka akan meningkatkan penularan. Dan apabila dilakukan testing dan tracing, maka kasus positif akan meningkat," ujar Wiku.

    Dia menilai sebanyak apa pun fasilitas kesehatan yang tersedia tidak akan mampu menampung lonjakan yang terjadi bila masyarakat tidak patuh protokol kesehatan. Wiku mengutip hasil studi Yilmazkuday pada 2020 yang  menyatakan angka kasus positif dan kematian covid-19 bisa turun jika minimal 75 persen populasi patuh menggunakan masker.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id