• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 22 SEP 2018 terkumpul RP 20.111.547.901

Pemerintah akan Mereformasi Total Koperasi

Achmad Zulfikar Fazli - 12 Juli 2018 10:26 wib
Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga/ANT/Rivan Awal Lingga
Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga/ANT/Rivan Awal Lingga

Tangerang: Pemerintah akan mereformasi total koperasi demi meningkatkan perannya dalam pertumbuhan ekonomi sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Ada tiga langkah strategis yang bisa dilakukan, yakni reorientasi, rehabilitasi dan pengembangan.

"Tujuannya adalah mengembangkan koperasi secara berkualitas sebagai organisasi yang memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kemanfaatan kepada masyarakat," kata Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Puspayoga dalam peringatan ke-71 Hari Koperasi Nasional di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 12 Juli 2018.

Penataan koperasi cukup berhasil empat tahun belakangan. Perbaikan dilakukan pada aspek penggerak koperasi, masyarakat, dan kelembagaan.

"Masyarakat mulai menyadari bahwa kualitas koperasi adalah yang terpenting, bukan mengejar kuantitas  lembaga koperasi," ucap dia.

Puspayoga juga menjelaskan pendataan koperasi harus benar-benar dibenahi agar bisa menyajikan data akurat mengenai jumlah koperasi aktif. Jumlah koperasi pada 2014 tercatat 212.570 unit berkurang menjadi 152.714 unit. Sebanyak 40.013 dibubarkan karena tidak lagi aktif.

Pembinaan terus diberikan demi pengembangan koperasi. Itu pula yang membuat pertumbuhan koperasi meningkat, terutama pada segi omzet yang mencapai puluhan triliun.

"Koperasi juga masuk bursa efek dan koperasi membeli saham Bank BRI Syariah," kata dia.

Berdasarkan data yang dicatat Kemenkop dan UKM dan BPS, kontribusi PDB koperasi terhadap PDB nasional terus meningkat. Pada 2014, PDB koperasi  hanya 1,71 persen, meningkat menjadi 3,99 persen pada 2016, dan 2018 naik menjadi 4,48 persen.

"Ini menunjukkan koperasi tumbuh sehat dan terus berkembang secara berkualitas," ujar Puspayoga.

Presiden akan menghadiri peringatan Hari Koperasi Nasional ini di ICE BSD. Jokowi akan menyosialisasikan Pajak Penghasilan (PPh) Final Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 0,5 persen.


(OJE)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.