Penyebab Virus Korona Bisa Menyebar di Papua

    Candra Yuri Nuralam - 25 Maret 2020 11:26 WIB
    Penyebab Virus Korona Bisa Menyebar di Papua
    Ilustrasi positif virus korona. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah menyebut virus korona (covid-19) bisa masuk ke Papua lantaran minimnya informasi. Sosialisasi dan imbauan penanganan virus tersebut di Bumi Cenderawasih masih minim dan membuat virus menyebar.

    "Kemudian juga letaknya berjauhan, ini penting dikembangkan sistem informasi sendiri," kata Direktur Manajemen Penanganan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Safrizal, di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu, 25 Maret 2020.

    Penyampaian informasi di sana tidak bisa disamakan dengan cara menyebar berita di Ibu Kota. Cara tersendiri untuk memberikan informasi di Papua perlu didesain karena akses informasi masih terbatas.

    "Enggak hanya dari media, tapi dari sosialisasi khas Papua," ujar Safrizal.

    Pemerintah daerah di Papua diminta terjun mengimbau masyarakat menjalankan pembatasan sosial (social distancing). Pemerintah daerah juga diminta segera menghitung kapasitas rumah sakit untuk penanganan virus tersebut dengan skenario yang bisa terjadi.

    "Kalau minim harus ditambah. Ini perlu dilakukan tindakan sambil menghitung alat perlindungan diri (APD) untuk petugas kesehatan," tutur Safrizal.

    Baca: Gubernur Lukas Tutup Akses Masuk Papua

    Kepala daerah diminta bekerja sama dengan pejabat di bawahnya. Kerja sama itu dilakukan untuk melakukan tindakan pencegahan secara terstruktur.

    "Semua disinfektan dipasang, kemudian protokol bersih juga dilakukan. Protokol rapat juga dilakukan, protokol kegiatan sosial masyarakat semua juga dilakukan. Jika semua dilakukan bersama, maka Papua akan terlindungi dari angka-angka yang lebih tinggi," ucap Safrizal.

    Baca: Pasien Positif Korona di Merauke Bertambah



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id