Begal Lahir dari Subkultur Menyimpang

    Media Indonesia - 18 Februari 2020 22:43 WIB
    Begal Lahir dari Subkultur Menyimpang
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Fenomena geng motor yang terlibat pembegalan dianggap muncul dari subkultur menyimpang yang tumbuh di kelompok ini. Gengsi, senioritas, dan keberanian menjadi nilai yang diagung-agungkan mereka. 

    "Sampai hal seperti jika mereka melakukan pelanggaran, namun tidak tertangkap itu bisa jadi kebanggaan tersendiri untuk mereka dan mereka biasanya dijadikan pemimpin di antara mereka" kata kriminolog Universitas Indonesia (UI) Arthur Josias Simon Runturambi di Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.

    Menurut dia, awalnya, geng motor hanya berkumpul saja hingga membuat kenakalan-kenalan kecil. Kelompok ini kemudian menyepakati nilai dan visi yang sama. Subkultur menyimpang tertanam dalam otak geng motor ini.

    Anggota geng motor kemudian masuk ke tahap nekat melanggar hukum. Aksi begal dari geng motor pun muncul dengan karakteristik tertentu.

    "Kelihatannya memang ada waktu-waktu tertentu di lokasi, jam, serta hari yang dinilai rawan. Biasanya dini hari, lokasi kurang pengawasan, dan hari libur atau malam minggu biasanya," jelas dia.

    Begal Lahir dari Subkultur Menyimpang
    Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana Saputra menunjukkan senjata yang digunakan geng begal. Foto: Istimewa

    Psikolog anak dan remaja, Novita Tandry, menjelaskan di umur 13 sampai 14 tahun, anak-anak memang sedang mencari jati diri. Di masa ini, mereka terkadang salah jalan.

    "Karena pemenuhan kasih sayang atau perhatian dan kebutuhan emosionalnya tidak di dapat dari orang tuanya, jadi dia mencari panutan lain," jelas dia.

    Dia menilai terkadang orang tua terlalu sibuk sehingga tidak mampu mengontrol perilaku anaknya yang sudah menyimpang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun diharap memperkuat pendidikan karakter anak.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id