4 Kebijakan Baru PPKM Jawa-Bali: Tempat Fitness Dibuka Hingga Kompetisi Basket Bisa Digelar

    Patrick Pinaria - 05 Oktober 2021 18:04 WIB
    4 Kebijakan Baru PPKM Jawa-Bali: Tempat Fitness Dibuka Hingga Kompetisi Basket Bisa Digelar
    Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Antara/Sugiharto Purnama)



    Jakarta: Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa-Bali masih diperpanjang selama dua pekan. Namun, ada sejumlah penyesuaian aturan baru pada masa perpanjangan PPKM kali ini.

    "Dalam penerapan PPKM level 3 yang akan diberlakukan selama dua minggu ke depan, pemerintah melakukan berbagai penyesuaian," demikian pernyataan Koordinator PPKM Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam telekonferensi, Senin, 4 Oktober 2021.

     



    Terdapat empat penyesuaian aturan baru yang akan diberlakukan pemerintah. Dimulai dari pembukaan pusat kebugaran (fitness centre) hingga izin penyelenggaraan kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta.

    Berikut penyesuaian aturan baru pada masa perpanjangan PPKM, 4-18 Oktober 2021 yang sudah dirangkum Medcom.id:

    1. Pusat kebugaran (fitness centre)
    Pemerintah akhirnya mengizinkan pusat kebugaran (fitness centre) dibuka pada masa PPKM dua pekan ke depan. Namun, dengan syarat kapasitas pengunjung sebanyak 25 persen.

    Pengelola fitness centre juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat. Salah satunya penerapan skrining (screening) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk.

    Akan tetapi, pemerintah hanya memberlakukan penyesuaian ini di wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya, Solo Raya, dan Semarang Raya. Kemudian, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Surabaya Raya.

    2. Gerai makan dan minum di bioskop
    Salah satu aturan baru yang akan diberlakukan pemerintah pada masa perpanjangan PPKM ini, yakni mengizinkan gerai makan dan minum beroperasi di bioskop. Namun, aturan ini berlaku hanya di wilayah yang masuk dalam kategori PPKM level 1, level 2, dan level 3.

    Sedangkan aturan lainnya di bioskop tetap sama. Termasuk pemberlakuan kapasitas 50 persen.

    3. Bandara Ngurah Rai
    Pemerintah juga memberlakukan penyesuaian aturan di Bandara Ngurah Rai, Bali. Bandara tersebut diizinkan buka untuk internasional pada 14 Oktober 2021. Menurut Luhut, pembukaan itu wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, tes, dan kesiapan satuan tugas. 

    Selain itu, setiap penumpang kedatangan internasional harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri.

    4. Kompetisi basket
    Penyesuaian selanjutnya yang diberlakukan pemerintah, yakni dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya. 

    "Kemudian dibukanya kompetisi basket remaja Honda DBL di Jakarta dan Surabaya," papar Luhut.

    (PAT)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id