Belum Ada Laporan Varian Lambda dan Mu dari Negara Asal PPLN ke Indonesia

    Yogi Bayu Aji - 27 September 2021 10:44 WIB
    Belum Ada Laporan Varian Lambda dan Mu dari Negara Asal PPLN ke Indonesia
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan belum ada varian covid-19, Lambda dan Mu, yang terdeteksi di negara asal pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Indonesia. Hal ini diketahui dari pemantauan di sejumlah titik masuk negara.

    "Dari negara asal PPLN terbanyak, Malaysia, Arab Saudi, dan Singapura, belum ditemukan VOI (variant of interest) Lambda dan Mu," bunyi data Kemenkes yang dikutip Medcom.id, Senin, 27 September 2021. 

     



    Data Kemenkes menyebutkan saat ini, varian Lambda melanda Jepang dan Amerika Serikat (AS), sedangkan varian Mu menyebar di Jepang, Turki, Korea Selatan, serta AS. Namun, kunjungan PPLN asal negara-negara ini ke Indonesia amat minim.

    Kemenkes menerangkan selama pandemi, Indonesia membatasi pintu masuk perjalanan internasional. Sebanyak 90 persen PPLN jalur darat melewati pintu masuk di Entikong dan Aruk. PPLN di dua titik ini sebagian besar warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia.

    Di jalur laut, hampir 90 persen PPLN masuk melalui Pelabuhan Batam Center. Sebanyak 82 persen PPLN datang dari Malaysia dan 13 persen dari Singapura.

    Baca: Oktober 2021, PeduliLindungi Bakal Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

    Sementara itu, 86 persen PPLN dari jalur udara masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta. Sebagian besar PPLN merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia, Singapura, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id