Menkes Prediksi Akhir Juni Jadi Puncak Kasus Aktif Covid-19

    Nur Azizah - 31 Mei 2021 16:48 WIB
    Menkes Prediksi Akhir Juni Jadi Puncak Kasus Aktif Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Puncak kasus aktif covid-19 efek libur Lebaran 2021 diprediksi terjadi di pekan kelima hingga ketujuh setelah Idulfitri 1442 Hijriah atau pada akhir Juni hingga awal Juli 2021. Prediksi ini didapat berdasarkan perhitungan Kementerian Kesehatan dari pengalaman Lebaran 2020.

    "Bapak Presiden (Joko Widodo) sempat menanyakan sampai kapan tren kasus akan naik? Berdasarkan pengalaman empiris kita di setiap libur panjang biasanya kenaikan itu akan mencapai puncaknya sekitar lima sampai tujuh minggu," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 31 Mei 2021.

     



    Budi meminta masyarakat bisa memahami masalah ini. Publik diajak memperketat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus korona. 

    "Arahan Bapak Presiden adalah dipastikan bahwa seluruh daerah tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan baik," ucap Budi. 

    Baca: Penerima Vaksin di Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

    Selain itu, Budi menyampaikan adanya peningkatan kasus aktif beberapa waktu terakhir. Ia menyebut pasien yang masih dirawat telah menyentuh 100 ribu kasus. 

    "Ini naik dari paling rendah kita sempat sampai di bawah 90 ribu. Jadi sudah ada kenaikan walaupun angka ini memang masih jauh di bawah angka puncak yang pernah kita capai di awal tahun, yang berkisar di 170 ribu kasus," ucap Budi. 

    Presiden Jokowi mengatakan kasus aktif covid-19 berpotensi naik. Kondisi ini dipicu banyaknya masyarakat yang mudik saat Lebaran 2021.

    Meskipun pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik, masyarakat masih nekat bepergian. Berdasarkan data yang dipaparkan Jokowi, lebih dari 1,5 juta orang mudik pada Lebaran 2021.

    Selain pemudik, masyarakat yang berwisata ikut menyumbang kasus aktif. Pasalnya, banyak tempat wisata yang melanggar protokol kesehatan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id