Suara Dewan Pers Soal Tayangan Wawancara Kursi Kosong Belum Bulat

    Fachri Audhia Hafiez - 11 Oktober 2020 12:55 WIB
    Suara Dewan Pers Soal Tayangan Wawancara Kursi Kosong Belum Bulat
    Anggota Dewan Pers Asep Setiawan dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id
    Jakarta: Dewan Pers belum bersikap terhadap tayangan wawancara jurnalis Najwa Shihab dengan kursi kosong. Sebab pihak yang bersangkutan baru sekadar konsultasi.

    "Pihak yang mengadu baru konsultasi secara dokumentasi," kata anggota Dewan Pers Asep Setiawan dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk 'Bangku Kosong Najwa, Apa yang Salah?', Minggu, 11 Oktober 2020.

    Asep mengungkapkan berbagai pandangan dari Dewan Pers terhadap persoalan wawancara kursi kosong dinilai sebagai ungkapan pribadi. Dewan Pers belum bersikap resmi terhadap persoalan tersebut.

    "Ada berbagai pendapat di kalangan publik maupun dewan pers sendiri terhadap kasus ini," ujar Asep.

    Pihak pengadu diimbau melaporkan melalui laman Dewan Pers bila keberatan terhadap suatu produk pers. Nantinya Dewan Pers akan menindaklanjuti pengaduan tersebut.

    Baca: Dewan Pers: Wartawan Mesti Banyak Akal Kejar Narasumber

    Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu Silvia Devi Soembarto mengakui belum menyampaikan pengaduan ke Dewan Pers. Ia masih menyiapkan pengaduan tersebut

    "Karena Dewan Pers ini orang-orang yang mumpuni di bidangnya. Saya harus membuat surat yang serius, ada beberapa poin yang dipertimbangkan kemudian apakah berkaitan dengan saya laporkan dan sebagainya," ujar Silvia.

    Wawancara Najwa Shihab dengan kursi kosong itu viral di media sosial. Wawancara ditujukan untuk Terawan yang tidak memenuhi undangan Najwa tentang pandemi virus covid-19.

    Buntut wawancara tersebut, Najwa sempat dilaporkan oleh relawan Jokowi Bersatu. Namun, laporan itu tidak diterima kepolisian karena disinyalir masuk dalam ranah jurnalistik yang diatur Undang-Undang Pers.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id