Politikus PAN Heran Pohon Sengon Tak Bisa Ditebang

    Whisnu Mardiansyah - 08 Agustus 2019 13:47 WIB
    Politikus PAN Heran Pohon Sengon Tak Bisa Ditebang
    Wakil Ketua Komisi VII DPR Bara Hasibuan - Medcom.id/Nur Azizah.
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi VII DPR Bara Hasibuan heran PLN beralasan tidak dapat menebang pohon sengon karena terkendala regulasi. Alasan itu tidak dapat diterima. 

    "Sebetulnya PLN kan juga sudah tahu dan mereka memiliki SOP bahwa pohon itu jaraknya tidak bisa mendekati. Ada jarak minimum tidak bisa mendekati kabel transmisi," kata Bara saat dihubungi, Kamis, 8 Agustus 2019. 

    PLN beralasan tidak bisa menebang pohon sengon yang menyentuh kabel Sutet di Ungaran, Jawa Tengah, karena terkendala Keputusan Menteri ESDM. Kepmen mengatur kompensasi pemotongan pohon dilakukan sekali.

    "Kenapa hanya karena soal Kepmen itu kemudian tidak dilakukan tindakan sehingga kemudian menimbulkan blackout," kata Bara. 

    (Baca juga: Polisi Temukan Fakta Baru di Kasus Pemadaman Listrik)

    Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu miris minimnya koordinasi perusahaan sebesar PLN dengan lembaga terkait seperti Kementerian ESDM. Padahal, kasus pohon menyentuh kabel sutet bukan insiden baru dan lazim terjadi di beberapa daerah meski dampaknya tidak masif seperti kemarin. 

    "Kenapa mereka tidak berkoordinasi dengan Kementerian ESDM untuk meminta supaya dikekuarkan Kepmen baru untuk melakukan tindakan dan ini sebetulnya soal pohon ini soal klasik," tutur Bara. 

    Mantan Direktur Utama PLN Dahlan Iskan juga sempat mempertanyakan pemeliharaan pohon sengon. Semestinya, ketika sudah melebihi batas harus ada pemotonga. 

    Dahlan menjelaskan di sepanjang jalur SUTET tidak boleh ada tanaman tinggi. Dalam istilah listrik sempadan itu disebut Right of Way (ROW). 

    Dia menyebut, zaman dahulu ada yang berpatroli untuk mengecek ini. "Pertanyaannya: apakah anggaran patroli masih ada? Atau manajemen patrolinya yang lemah? Atau patroli sudah dilakukan, laporan sudah dibuat, tapi tidak ada anggaran penebangan pohon? Sesederhana itu. Tapi ada juga unsur nasib," ujar Dahlan dalam tulisannya bertajuk "Sengon 1 Triliun". 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id