Kominfo Temukan Jutaan Hoaks di Media Sosial

    Intan Yunelia - 29 Januari 2020 20:24 WIB
    Kominfo Temukan Jutaan Hoaks di Media Sosial
    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate dalam rangkaian acara HUT ke-50 Media Indonesia, Kantor Metro TV, Jakarta Barat, Rabu, 29 Januari 2020. Foto: Medcom.id/Abdul Kohar
    Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menemukan jutaan berita bohong atau hoaks yang tersebar di media sosial. Seluruh konten hoaks tersebut sudah ditertibkan tanpa melewati jalur hukum.

    "Yang jadi soal karena yang di-takedown jumlahnya (berita hoaks) lebih dari satu juta. Berarti lebih dari satu juta kasus pelanggaran hukum di dunia elektronik ini, akan ada satu juta lebih pengadilan," kata Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G. Plate di Kantor Metro TV, Jakarta Barat, Rabu, 29 Januari 2020.

    Johnny meminta masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Ruang digital harus digunakan untuk memberikan informasi-informasi yang faktual.

    "Kalau pemerintah melakukan blokir maka ketahuilah itu berarti sudah ada pelanggaran hukum di dalamnya. Dan di dalam UU dan peraturan yang ada sudah diatur hukumannya, baik pidana maupun perdata," jelas dia. 

    Pemerintah sudah menggandeng sejumlah tokoh masyarakat untuk mengedukasi publik tentang penggunaan media sosial. Masyarakat juga bisa memanfaatkan media massa untuk menjadi rujukan dalam mencari informasi.

    "Namun apabila hoaks tersebut berkembang, pemerintah harus hadir. Kominfo akan melakukan verifikasi dan klarifikasi atas potensi hoaks dan disinformasi melalui cyber drone," pungkas dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id