Pengadaan Alutsista Dijamin Adil ke Tiga Matra

    Damar Iradat - 25 November 2019 10:07 WIB
    Pengadaan Alutsista Dijamin Adil ke Tiga Matra
    Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak membantah pengadaan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) Kemenhan memihak ke TNI Angkatan Darat. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjamin pengadaan alutsista adil tak memihak salah satu matra.

    "Jadi keliru bila ada yang menilai perspektif dan program Menteri Pertahanan bias Angkatan Darat," kata Dahnil saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 25 November 2019. 

    Belanja alutsista akan diarahkan untuk perimbangan kekuatan pertahanan. Termasuk kapal-kapal perang Angkatan Laut, maupun pesawat tempur Angkatan Udara dan Angkatan Darat. 

    Prabowo memahami kondisi alutsista Indonesia. Alat pertahanan yang masih baik akan ditingkatkan dan dimodernisasi. Dahnil menyatakan Prabowo akan mengkaji harga dan spesifikasi alutsista yang dibeli.

    Kajian itu akan dijadikan dasar pengadaan alutsista untuk 2019 dan 2020. Hal ini untuk memastikan pengadaan alutsista yang tepat sasaran, ekonomis, efisien dan efektif. 

    "Agar mampu memberikan efek positif memperkuat pertahanan dan bebas kebocoran serta perburuan rente," paparnya. 

    Prabowo, kata Dahnil, juga mewanti-wanti agar pengadaan alutsista di Kemenhan ketat dikawal. Prabowo tidak ingi ada anggaran siluman dalam pengadaan tersebut.

    "Belanja pertahanan harus digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan menjaga kedaulatan NKRI dengan minimalisasi kebocoran," paparnya.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyediakan alat mutakhir untuk mengantisipasi perang di masa mendatang. Jokowi tak ingin, pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) yang usang.

    Menurut Jokowi, pengadaan alutsista harus betul-betul memperhitungkan dan mengantisipasi teknologi persenjataan yang berubah begitu cepat. Pengadaan alutsista ini, juga harus mempertimbangkan corak peperangan di masa yang akan datang.





    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id