KPAI dan Plan Indonesia Serukan Jaminan Perlindungan Anak

    Cindy - 24 Juni 2020 13:08 WIB
    KPAI dan Plan Indonesia Serukan Jaminan Perlindungan Anak
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berkolaborasi dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) menggelar dengar pendapat anak dan kaum muda secara daring. Kegiatan ini agar perlindungan terhadap anak-anak tetap efektif selama masa pandemi virus korona (covid-19).

    “Kami mendorong agar suara anak-anak dari berbagai latar belakang didengar oleh komisi negara, dan dijadikan pertimbangan dalam membuat kebijakan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak dalam situasi pandemi covid-19,” kata Direktur Eksekutif Plan Indonesia Dini Widiastuti lewat keterangan tertulis, Rabu, 24 Juni 2020.

    Sekitar 50 anak dan kaum muda dari berbagai daerah berdialog langsung dengan Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati, Komisioner Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Jasra Putra, dan Dini. Anak-anak tersebut menyampaikan sejumlah keresahan dan memberi rekomendasi untuk mengatasi hal tersebut.

    Sejumlah isu yang dibahas yakni pemenuhan hak kesehatan, perlindungan dari kekerasan, dan kekerasan berbasis gender. Kemudian mekanisme pelaporan kasus kekerasan, pemenuhan hak tumbuh kembang anak, perkawinan anak, serta pekerja anak.

    Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati mengapresiasi kegiatan dengar pendapat itu karena anak-anak lebih terbuka menyampaikan rekomendasi langsung ke KPAI. “Dan, ini akan dijadikan sebagai salah satu landasan KPAI dalam memberikan masukan kebijakan kepada pemerintah. Semangat kalian mendorong kami untuk mewujudkan perlindungan dan pemberdayaan anak yang setara di seluruh Indonesia,” ujar Rita.

    Baca: Pemerintah Luncurkan Protokol Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus

    Anak-anak yang terlibat dalam forum ini berasal dari berbagai wilayah Indonesia, termasuk wilayah terpencil, kepulauan, tertinggal, serta anak disabilitas. Antara lain wilayah Maluku, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Papua.

    Mereka juga merupakan perwakilan dari Youth Coalition for Girls (YCG) chapter Nasional daerah Kupang dan Riau, Youth Advisory Panel (YAP) Plan Indonesia di Kabupaten/Kota Jakarta, Timor Tengah Selatan, Lembata, Nagekeo, alumni International Day of the Girls (IDG), serta komunitas anak dan kaum muda mitra Plan Indonesia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id