RS TNI AD Kebut Kemampuan Tes Sampel Covid-19

    Theofilus Ifan Sucipto - 25 Juni 2020 03:24 WIB
    RS TNI AD Kebut Kemampuan Tes Sampel Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: RS TNI Angkatan Darat (AD) berusaha menambah jumlah kapasitas tes spesimen virus korona (covid-19). Mereka menargetkan bisa mengetes hingga 10 ribu sampel per hari.

    "Kami berusaha dapat 10 ribu tes per hari. Tapi masing-masing daerah (kemampuannya) berbeda," kata Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabes AD, Veteran, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Juni 2020.

    Saat ini, kata Andika, RSPAD Gatot Soebroto sudah mampu menguji 400 sampel per hari. Dia optimistis target menguji 10 ribu sampel per hari tercapai lantaran telah menyiapkan laboratorium polymerase chain reaction (PCR) dengan ekstraksi RNA (ribonucleic acid) robotik.

    "Pengadaan ini di 68 rumah sakit kami sehingga mempercepat dan mempermudah pengetesan," ujar Andika.

    Baca: 18 Provinsi Disebut Berhasil Tekan Kasus Covid-19

    Dia berharap kemampuan tes sampel virus korona tidak hanya dirasakan oleh anggota TNI AD. Andika mengatakan nantinya masyarakat bisa juga bisa mendatangi RS TNI AD di wilayah masing-masing.

    "Jadi sangat membantu tidak hanya TNI AD tapi komunitas lokal dengan pemerintah kota dan kabupaten," ucap Andika.

    Sebelumnya, Andika menginstruksikan kepala kesehatan daerah militer (kakesdam) dan kepala rumah sakit TNI AD memanfaatkan terapi plasma konvalesen bagi pasien virus korona (covid-19). Seluruh RS TNI AD diharap bisa meniru Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dalam menangani pasien covid-19.
     
    Arahan ini disampaikan Andika dalam webinar dengan kakesdam kepala rumah sakit TNI AD, dan RSPAD. Acara itu membahas laporan penanganan covid-19 serta rencana penyediaan laboratorium polymerase chain reaction (PCR) di rumah sakit TNI AD seluruh Indonesia.
     
    "Walaupun RSPAD tidak besar, tapi bisa melakukan yang belum tentu bisa dilakukan rumah sakit lain," kata Andika, Senin, 8 Juni 2020.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id