Berita Puspiptek

    Nuansa Keberagaman Warnai Upacara HUT ke-73 RI di Puspiptek

    Gervin Nathaniel Purba - 17 Agustus 2018 11:53 WIB
    Nuansa Keberagaman Warnai Upacara HUT ke-73 RI di Puspiptek
    Puspiptek menggelar upacara peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
    Tangerang Selatan: Seperti tahun sebelumnya, nuansa keberagaman kembali mewarnai upacara peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat, 17 Agustus 2018. 

    Pantauan Medcom.id, seluruh peserta upacara termasuk tamu undangan berpakaian adat dari daerah asalnya. Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ainun Na'im selaku pemimpin upacara mengenakan pakaian khas melayu. 
    Dalam kata sambutannya, Ainun mengatakan Indonesia telah menorehkan banyak prestasi di berbagai bidang, di antaranya bidang olahraga, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Hal ini menunjukkan Indonesia merupakan bangsa yang kuat, memiliki banyak pemuda berbakat yang mampu mengangkat level bangsa Indonesia kancah internasional.

    Seperti diketahui, bidang olahraga menorehkan prestasi melalui kiprah atlet Lalu Muhammad Zohri yang menjadi juara dunia lari 100 meter. Timnas U-16 juga memenangkan piala AFF. Sementara, di bidang iptek, mahasiswa UGM menjadi juara dunia teknologi mobil berbahan bakar sampah plastik di London. Disusul oleh mahasiswa ITS menjadi juara dunia adu cepat mobil hemat energi di London juga.

    "Prestasi ini sungguh mengagumkan. Hal ini menunjukkan bangsa kita memiliki kekuatan intelektual dan memiliki pemuda yang penuh kreativitas," ujar Ainun. 


    (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    Pada usianya yang ke-73 tahun, bangsa Indonesia menghadapi sejumalah tantangan, di antaranya tantangan memberantas korupsi, dan menghadapi revolusi industri 4.0. Terkait revolusi industri 4.0, Ainun mendorong semua pihak agar meningkatkan kompetensi, terutama penguasaan teknologi.

    "Tenaga pendidikan juga harus meningkatkan kualitasnya, terutama keterampilan, kepemimpinan, kemampuan adaptasi teknologi baru, penguasan social entrepreneurship, dan kerja sama tim," katanya.

    Ainun juga mendorong Puspiptek agar bersinergi dengan dunia industri dan masyarakat. Hasil riset harus bisa memberikan solusi bagi industri dan masyarakat, serta berkontribusi untuk kemajuan bangsa.


    (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    "Pemanfaatan iptek untuk pelaku ekonomi dan industri perlu ditingkatkan. Sebagai institusi iptek, perlu meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, sehingga memberikan kontribusi pada kemajuan dan menjawab permasalahan bangsa," ucap Ainun.

    Pada kesempatan itu, Ainun memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 17 Aparatur Sipil Negara (ASN) berprestasi dan telah lama mengabdi di lingkup Puspiptek. Para ASN mengabdi antara 10 hingga 20 tahun.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id