PRT Rentan Terpapar Covid-19

    Kautsar Widya Prabowo - 16 Februari 2021 00:55 WIB
    PRT Rentan Terpapar Covid-19
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Komisi Nasional (Komnas) Perempuan menyebut kerentanan pekerja rumah tangga (PRT) semakin memburuk di tengah pandemi covid-19. PRT sangat rentan terpapar covid-19 dari majikannya.

    "Rentan terpapar virus lantaran tugas mereka melayani keluarga pemberi kerja," ujar Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini dalam konferensi pers peringatan Hari PRT Nasional secara virtual, Senin, 15 Februari 2021.




    Selain itu, kondisi diperburuk dengan tidak adanya jaminan kesehatan yang dimiliki PRT dan terabaikan dari skema bantuan sosial pemerintah. Hal ini harus segera ditindaklanjuti pemerintah dan DPR melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan PRT.

    "Akibat belum adanya pengakuan dan perlindungan terhadap PRT, pada situasi pandemi seperti saat ini banyak PRT kehilangan pekerjaan yang potensial meningkatkan kemiskinan berwajah perempuan," kata dia.

    Pada masa pandemi, perilndungan PRT melalui RUU sangat mendesak untuk segera diwujudkan. Adanya landasan hukum yang jelas akan mengurangi kerentanan, kekerasan, penyiksaan, dan perdagangan manusia.

    "Saatnya DPR menunjukkan keberpihakannya kepada kelompok miskin, marginal, dan rentan," ucapnya.

    Baca: Pemerintah Diminta Kedepankan Langkah Persuasif dalam Pelaksanaan Vaksin Covid-19

    RUU Perlindungan PRT sudah berulang kali terdaftar sebagai Program Legnasi (Prolegnas) DPR sejak periode 2004-2009 hingga kemudian masuk RUU Prioritas Prolegnas 2020. Sehingga dibutuhkan komitmen dari setiap fraksi di Badan Legislasi (Baleg) DPR mengesahkan RUU PRT yang telah lama terbengkalai.

    "Mendorong DPR untuk menetapkan RUU Perlindungan PRT sebagai Prioritas Prolegnas 2021 dan RUU Inisiatif DPR, membahas dan mengesahkan RUU ini," kata dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id