Pola Hidup Sehat Mencegah Covid-19 Sekaligus Menghalau Stunting

    M Sholahadhin Azhar - 06 Mei 2020 16:38 WIB
    Pola Hidup Sehat Mencegah Covid-19 Sekaligus Menghalau <i>Stunting</i>
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Pola hidup sehat tak hanya mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Sosialisasi gerakan masyarakat sehat oleh pemerintah juga berfungsi menghalau penyakit lain.

    “Saya sepakat bahwa kampanye untuk menerapkan pola hidup sehat yang kami kampanyekan dalam rangka pencegahan stunting selaras dengan upaya kita bersama untuk mencegah penyebaran covid-19," kata Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wiryanta, di Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.

    Menurut dia, contoh kampanye hidup bersih yakni membiasakan cuci tangan. Kampanye itu tak hanya dilakukan dalam pencegahan covid-19, namun juga menghalau stunting.

    "Masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat, agar jangka pendeknya dapat mencegah penyebaran virus covid-19 dan jangka panjangnya mencegah stunting,” kata dia.

    Kasubdit Informasi dan Komunikasi Kesehatan Kominfo, Marroli J. Indarto, menyebut pemerintah terus menyosialisasikan pola hidup sehat. Pemerintah, kata dia, tinggal melanjutkan sosialisasi.

    Baca: Pengentasan Stunting Tanggung Jawab Bersama

    "Karena ini in line dengan upaya pencegahan stunting di masyarakat, dan konten-kontennya terus kami produksi.” tegas Maroli.

    Dia membeberkan langkah Kominfo membuat konten sosialisasi hidup sehat. Misalnya melalui Gerakan Generasi Bersih dan Sehat (Genbest).

    "Untuk sosmed kami punya @genbestid, website www.genbest.id, sedangkan aplikasi ada “Anak Sehat”, saluran ini kami berdayakan juga untuk menyebar informasi yang benar tentang Covid-19, agar masyarakat terhidar dari informasi yang keliru”, kata Maroli.
     
    Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Victor Laiskodat, ikut merespons sosialisasi hidup sehat ini. Menurut dia, langkah itu harus diterapkan seluruh masyarakat. Pihaknya telah lama melakukan gerakan hidup sehat untuk mencegah stunting di NTT.

    NTT merupakan provinsi dengan masalah stunting. Namun sejak gerakan hidup sehat disosialisasikan, angka stunting menurun. Dampak lainnya yakni memutus rantai penyebaran korona di NTT.

    NTT merupakan daerah dengan tingkat infeksi covid-19 rendah. Dilansir dari laman Covid19.go.id, tercatat hanya ada 19 pasien positif korona per 6 Mei 2020.

    "Lewat ini berangkat dari ASN, membudaya ke masyarakat. Supaya masyarakat memiliki pemahaman yang benar, tumbuh kepedulian, dan terdorong berperan, berpartisipasi menjadi pelopor untuk memutus penularan virus covid-19," kata Victor.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id