Wartawan Senior Aristides Katoppo Wafat

    Medcom - 29 September 2019 16:02 WIB
    Wartawan Senior Aristides Katoppo Wafat
    Pendiri Pustaka Sinar Harapan Aristides Katoppo (kiri). Foto: M Agung Rajasa/Antara
    Jakarta: Wartawan senior Aristides Katoppo wafat. Aristides tutup usia diusia 81 tahun.

    Ucapan duka cita pun mengalir dari untuk teman dekat dari aktivis muda era 1966, Soe Hok Gie itu. Salah satunya yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta lewat akun twitter, @AJI_JAKARTA.

    "Turut berduka cita atas meninggalnya Aristides Katoppo, jurnalis dan salah satu pendiri AJI. Semangatmu untuk berani memberitakan kebenaran akan selalu menjadi semangat AJI," tulis akun twitter AJI Jakarta, Minggu, 29 September 2019.

    Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Anita Wahid juga berduka atas wafatnya Aristides. Dia menyebut Aristides sebagai pejuang kebebasan pers dan jurnalisme.

    "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Turut berbelasungkawa atas kepergian Bapak Aristides Katoppo, seorang pejuang kebebasan pers dan jurnalisme. Semoga engkau sudah dalam damai di sisi-Nya, Pak Tides. Mungkin sekarang engkau sedang bersenda gurau dengan Gus Dur di sana," tulis Anita di akun twitternya @AnitaWahid.

    Ketua DPP NasDem Bidang Hukum, Advokasi, dan HAM, Taufik Basari, juga berbelasungkawa atas kepergian Aristides. Aristides dinilai meninggalkan banyak karya yang luar biasa untuk Indonesia.

    "Selamat jalan Pak Tides (Aristides Katopo). Tokoh pers yang idealis, yang meninggalkan karya-karya luar biasa bagi bangsa ini," tulis Taufik dalam akun twitternya, @taufikbasari.

    Aristides Katoppo lahir di Tomohon, Sulawesi Utara. Aristides selama ini dikenal sebagai wartawan senior Sinar Harapan dan salah satu sebagai pendiri AJI.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id