Tokopedia Akan Kembangkan Teknologi Gudang Pintar - Medcom

    Tokopedia Akan Kembangkan Teknologi Gudang Pintar

    Damar Iradat - 29 Juli 2019 15:30 WIB
    Tokopedia Akan Kembangkan Teknologi Gudang Pintar
    Co Founder Tokopedia William Tanuwijaya - Foto: Medcom.id
    Jakarta: Tokopedia berencana mengembangkan teknologi artificial inteligence (AI) dalam usahanya. Pengembangan teknologi itu dilakukan setelah mendapat suntikan dana dari Softbank.

    "Kita akan investasi lebih banyak ke AI untuk membangun teknologi yang memungkinkan misi Tokopedia mengerahkan ekonomi selain digital lebih cepat terwujud,” kata Co Founder Tokopedia, William Tanuwijaya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019. 

    William mengungkapkan salah satu teknologi AI yang dikembangkan yakni gudang pintar. Teknologi ini memudahkan penjual mendapat akses yang lebih terjangkau di sejumlah wilayah pedalaman Indonesia. 

    Ini juga akan berdampak pada harga yang lebih bisa dikalkulasi. Sehingga, pedagang tidak perlu berurbanisasi. 

    "Nantinya dengan teknologi AI, kita bisa melakukan demand prediction, sehingga pedagang di Aceh bisa menaruh barang mereka sesuai prediksi dagangan mereka akan laku di kota mana," tutur dia. 

    (Baca juga: Tokopedia Berambisi Bangun Gudang di Seluruh Indonesia)

    Dengan begitu, pembeli bisa belanja dari penjual mana pun di Tokopedia dan barang dikirim di hari yang sama. William menambahkan, teknologi ini bisa membuat ongkos kirim lebih terjangkau.

    Sebelumnya, SoftBank berkomitmen menanam modal di Indonesia senilai USD2 miliar (setara Rp28 triliun). SoftBank juga menambah investasi senilai USD 1 miliar. Sehingga, total dana yang akan dikucurkan SoftBank mencapai Rp42 triliun.

    Dana tersebut, sebagian besar disalurkan ke Grab Indonesia. Sementara sisanya, untuk Tokopedia.

    CEO SoftBank, Masayoshi Son mengatakan, aliran investasi untuk Tokopedia akan digunakan untuk membantu pengembangan bisnis. Sebab, Tokopedia memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    “Tokopedia telah berkontribusi terhadap 1% PDB (produk domestik bruto) Indonesia, sebagai platform belanja online, artinya ini cukup baik untuk ekonomi dan akan menciptakan lapangan pekerjaan,” kata Masayoshi.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id