Fenomena Ular Kobra karena Musim Menetas

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 18 Desember 2019 06:45 WIB
    Fenomena Ular Kobra karena Musim Menetas
    Ilustrasi warga menangkap ular kobra jawa di Perum Tata Lestari, Kecamatan Singaparna, kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin, 16 Desember 2019. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
    Jakarta: Fenomena munculnya anak ular kobra di permukiman disebut hal yang wajar. Hal ini dianggap lumrah karena musim penghujan merupakan fase menetasnya telur kobra.

    "Tapi ini memang periode yang tepat untuk penetasan anakan kobra," kata pakar reptil Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidiy dikutip dari Antara, Jakarta, Selasa, 17 Desember 2019.

    Dia menyebut ular kobra memang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi di area aktivitas manusia, termasuk membuat sarang di sekitar rumah-rumah warga. Bahkan, kata dia, ular lain juga memiliki kemampuan yang sama hanya saja kobra itu kebetulan bertelur di lokasi tersebut.

    Hal ini terlihat dari kemunculan kobra di satu daerah dengan titik berdekatan. Artinya indukan kobra membuat sarang di sekitar daerah tersebut. Indukan kobra sendiri dapat menelurkan sekitar 12-20 butir telur dan menetas dalam rentan waktu 3-4 bulan.  

    "Kobra untuk sampai usia dewasa itu bisa satu setengah sampai dua tahun. Selama periode itu dia butuh makan, butuh bertahan hidup. Kalau itu tidak disediakan, dia tidak akan bisa bertahan hidup," katanya.

    Selain faktor musim penetasan, menurut Amir, kemungkinan bertambahnya populasi kobra juga bisa karena ketiadaan predator alami seperti biawak dan elang yang sudah tidak bisa ditemui di sekitar pemukiman warga. Apalagi, pulau Jawa merupakan habitat asli ular kobra sebelum ada pembangunan jalan dan pemukiman manusia.




    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id