Nasib RKUHP Ditentukan Hari Ini

    Whisnu Mardiansyah - 24 September 2019 06:00 WIB
    Nasib RKUHP Ditentukan Hari Ini
    Rapat Paripurna DPR RI (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
    Jakarta: DPR dan Pemerintah sepakat pasal-pasal kontroversi di dalam Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dibahas dan disosialisasi ulang. Namun, pembahasan ulang pasal tersebut perlu diputuskan di dalam rapat paripurna.

    "Ini kan udah diketok di tingkat I, dibawa ke pimpinan DPR, Bamus sudah mutusin untuk dibawa ke paripurna yang harus didengarkan pandangannya apakah lobi, seperti apa nanti. Tergantung paripurna," kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 23 September 2019.

    Indra menyebut, kemungkinan hasil pertemuan antara DPR dan Presiden siang tadi akan disampaikan dalam rapat paripurna besok. Rapat akan meminta pandangan masing-masing fraksi hasil pertemuan yang menyepakati pembahasan ulang pasal-pasal kontroversial di RKHUP.

    "Iya kan balik lagi ini keputusan dewan, yang pada tingkat I sudah ketok palu. Jadi tetap ada mekanismenya. Ya kita liat saja besok (paripurna) seperti apa," jelas Indra.

    Menurut Indra, pembahasan RKUHP bukan dibatalkan melainkan hanya ditunda. Dalam paripurna besok akan mendengarkan pandangan dari pemerintah terkait pasal-pasal yang perlu dibahas dan disosialisasi ulang.

    "Itu kan semua sepakat tadi ya. Nanti dibawa ke paripurna biar nanti ada pandangan-pandangan yang lain. Silakan saja nanti, kan gak bisa distop ditingkat I gitu aja. Itu menyalahi, kan ada tata tertibnya semua," pungkas dia. 



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id